Tambah Dana Pensiun dengan Investasi SBR011 Sekarang!

Pemerintah menerbitkan SBN ketiga di 2022 yakni SBR011. SBN ini akan ditawarkan hingga 16 Juni mendatang. Saving Bond Ritel (SBR) 011  merupakan produk investasi yang diterbitkan negara dengan tipe kupon mengambang atau floating with floor, 

Tipe mengambang artinya besaran kupon SBR akan disesuaikan dengan tingkat suku bunga BI 7 Days Reverse Repo setiap 3 bulan sekali. atuh tempo dari SBR011 adalah 2 tahun sehingga cocok untuk kamu yang punya tujuan untuk investasi jangka menengah. 

Kamu bisa mendapatkan passive income berupa imbal hasil kupon setiap bulan selama 2 tahun ke depan. Selain investasi jangka menengah, SBR011 bisa jadi alternatif untuk menambah dana pensiun. Simak pembahasannya!

Jika kamu telah berhasil mengumpulkan dana pensiun sebesar Rp100 juta dan kamu berminat untuk berinvestasi SBR011. Maka hitungannya adalah sebagai berikut:

Dari hitungan tersebut, jika kamu berinvestasi sebesar Rp100 juta, maka kamu akan memperoleh passive income atau imbal hasil kupon sebesar Rp412 ribu setiap bulannya.

Semakin besar uang yang kamu investasikan di SBR011 ini, maka akan semakin semakin besar juga imbal hasil yang akan kamu terima setiap bulannya. Dan ketika suku bunga BI naik menjadi 6% maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

Jika suku bunga BI naik mencapai 6%, maka imbal hasil kupon yang akan kamu terima juga akan semakin besar yaitu menjadi sebesar Rp450 ribu setiap bulannya. 

Lalu apa yang terjadi jika suku bunga BI turun? 

Tenang saja, karena SBR011 ini memiliki kupon minimal sebesar 5,5% yang artinya kupon tersebut tidak bisa turun melewati batas minimal kupon tersebut yaitu sebesar 5,5%. 

Jika tabungan dana pensiunmu hanya ‘mengendap’ di rekening, kamu punya alternatif untuk menyimpannya di SBR011 dengan keuntungan passive income tiap bulan. , Produk investasi ini menjadi alternatif investasi yang aman karena 100% dijamin negara terjangkau, serta menguntungkan bagi masyarakat Indonesia. Selain berinvestasi, secara tidak langsung kamu juga bisa membantu negara lho! 

Sebagain informasi, SBN dengan tipe kupon floating hanya akan terbit 2 kali loh tahun ini. Jangan sampai ketinggalan! 

Jadi, sudah siap berinvestasi di SBR011? Kalau sudah siap, pesan SBR011 sekarang juga di aplikasi Bibit. Semangat investasi!

Writer: Shiao Ching

Editor: Agnes Savithri