Waspada Bahaya Penipuan Online, Ikuti Langkah Berikut Agar Aman Transaksi di Bibit!

Perkembangan dunia digital tak dipungkiri telah mempermudah kehidupan sehari-hari. Kini, tak perlu lagi repot untuk belanja hingga investasi. Semuanya bisa dilakukan dalam satu genggaman smartphone. 

Namun, kemudahan ini diikuti dengan bahaya penipuan hingga investasi bodong. 

Tapi, kamu gak perlu khawatir. Sebagai platform investasi terpercaya, Bibit selalu menjaga keamanan data dan transaksi yang kamu miliki. Selain itu, Bibit juga telah terdaftar dan diawasi OJK. Namun, Bibit mau mengajak kamu agar terhindar dari penipuan yang kerap marak terjadi. 

Yuk, kenali modus penipuan investasi dan ikuti langkah-langkahnya untuk menghindari kasus penipuan berkedok Bibit.

 1. Investasi Skema Titip Dana dengan Mengaku Sebagai Pihak Bibit

 Banyak oknum yang mengaku sebagai pihak Bibit dan menawarkan skema investasi titip dana dengan iming-iming imbal hasil yang pasti dan tinggi. Selalu ingat bahwa semua investasi di aplikasi Bibit hanya dilakukan melalui aplikasi resmi Bibit. 

Investasi juga selalu mengandung risiko, sehingga tidak ada imbal hasil/return yang pasti. Jika kamu ragu, jangan sungkan untuk memastikan melalui tim Customer Support Bibit melalui aplikasi Bibit.

 2. Dihubungi Pihak yang Mengaku Berasal dari Bibit Lewat Sosial Media (Telegram, Whatsapp, Instagram)

Terkadang penipu menghubungi korban dengan mengaku sebagai dari pihak Bibit lalu melanjutkan aksi penipuannya. Modus ini bisa dilakukan dengan memberikan iming-iming pemberian hadiah dari Bibit, meminta kode verifikasi, atau menawarkan produk investasi. Bibit tidak pernah meminta kode verifikasi sebagai syarat untuk pemberian hadiah atau aktivitas campaign lainnya. 

Bibit akan selalu menghubungi kamu lewat media resmi Bibit seperti melalui aplikasi, email, instagram resmi, atau WhatsApp resmi Bibit. Jika ada yang mengaku dari pihak Bibit menghubungi kamu, konfirmasi segera ke Customer Support Bibit lewat aplikasi Bibit.

 3. Diundang ke Grup Tidak Resmi Bibit

Modus ini dijalankan oleh penipu dengan cara membuat grup di sosial media seperti Telegram atau Whatsapp dan mengundang calon korban. Perlu dicermati bahwa grup resmi komunitas Bibit dapat diakses melalui aplikasi Bibit. 

Jangan cepat percaya dengan grup yang mengaku atas nama Bibit, terutama ketika ditawarkan skema investasi bodong. Jangan mudah tertipu dengan banyaknya member dalam grup tersebut. Jika di grup tersebut menawarkan investasi di luar aplikasi Bibit, dapat dipastikan itu merupakan grup penipuan. 

Jika kamu diundang ke grup seperti ini, jangan ragu untuk keluar. Segera konfirmasi atau tanyakan ke tim customer support Bibit untuk memastikan apakah grup yang kamu ikuti merupakan grup official Bibit.

Nah, lantas gimana kalau investasi bodong? Apalagi sekarang berjamuran aplikasi investasi di mana-mana. Bibit kasih 3 tips buat kamu agar menghindari investasi bodong!

1. Tawaran Return Tinggi 

Kalau ikut investasi, pasti makin tinggi return, makin tinggi juga risikonya. Jadi, jangan mudah tergiur dengan janji imbal hasil tinggi yang minim risiko atau bahkan tidak ada risiko. 

Kamu harus lihat dulu apakah jenis usaha mereka setara dengan return yang mereka janjikan? Misalnya, bisnis yang mau kamu investasikan kasih janji return yang flat  30% per bulan. Sebaiknya kamu curiga, karena pada dasarnya return itu fluktuatif selalu naik-turun.

2. Pengelolaan Dana Investasi Tak Jelas

Biasanya investasi yang jelas legalitasnya pasti siap jelasin detail ke calon investor. Mulai dari jenis investasinya apa, bagaimana pengelolaan dananya sampai update uang investasimu setiap bulannya. 

Nah, kalau saja kamu nggak dijelasin rules pengelolaan dana, aset investasi kamu kemana dan mereka jawabnya muter-muter atau di dalam aplikasinya nggak ada penjelasannya, kamu harus hati-hati.

3. Tidak Ada Izin OJK

Sebelum menjalankan sebuah bisnis, pastinya perusahaan investasi harus mendaftarkan diri dan menunggu izin operasi lebih dulu. Misalnya, untuk perusahaan investasi online harus izin ke OJK. 

Kalau surat izin dari perusahaan itu belum lengkap, kamu patut pertanyakan. Karena mereka nggak punya legalitasnya. Pilih yang pasti diawasi oleh OJK aja ya seperti Bibit. 😉

Sekarang kamu nggak perlu khawatir cari investasi yang terpercaya, Bibit aplikasi reksa dana online yang sudah dapat izin langsung dari OJK dan terdaftar sebagai APERD (Agen Penjual Efek Reksa Dana). Jadi kamu nggak perlu ragu lagi buat investasikan uangmu di Bibit.

Bagaimana cara bertransaksi online agar tetap aman? Simak tips berikut ini!

  • Tidak Memberitahukan Data Pribadi Kamu

Jangan pernah memberikan data kamu ke orang lain, atau ke pihak manapun termasuk ke tim Bibit, karena Bibit tidak pernah meminta kode OTP atau PIN untuk digunakan di luar aplikasi Bibit maupun info mengenai kartu kredit atau ATM kamu.

  • Jangan Balas Chat atau Masuk ke Link yang Tidak Jelas Sumbernya

Kamu juga perlu hati-hati jika mendapatkan chat ke nomor WhatsApp, Direct Message atau chat di Telegram yang tidak dikenal atau menggunakan profile sebuah brand atau aplikasi online. Karena para penipu online dengan mudah akan menduplikasi seperti akun asli. Kami menyarankan agar leave dari group WhatsApp atau Telegram yang bukan akun resmi. Perlu diingat agar sebaiknya kamu tidak klik link atau tautan yang tidak jelas sumbernya. 

Hanya Melakukan Transaksi di dalam Aplikasi Bibit

 Ingat, semua investasi yang ditawarkan Bibit hanya dapat dilakukan dari aplikasi Bibit. Bibit juga tidak menerima transaksi di luar aplikasi Bibit. Namun, para korban sering diminta untuk membayar atau mentransfer ke nomor rekening pribadi melalui chat di luar aplikasi. 

Kami menyarankan kamu untuk melakukan transaksi hanya dari dalam aplikasi saja karena ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kesempatan ini. Jika ada oknum yang mengatasnamakan Bibit meminta data-data pribadimu, sebaiknya kamu konfirmasi ke pihak bibit dan hanya mengikuti akun dan kontak resmi Bibit di bawah ini.

Laporkan Hal Mencurigakan ke Customer Support Bibit

 Jika kamu menemukan kejanggalan atau tanda-tanda terjadinya modus penipuan, kamu bisa segera laporkan ke tim Customer Support (CS) Bibit. Tim CS Bibit tersedia 24 jam untuk membantu kamu mengatasi permasalahan mengenai penipuan dan modus-modus kejahatan lainnya. Jika ada oknum yang mengatasnamakan Bibit meminta data-data pribadimu, sebaiknya kamu konfirmasi ke pihak bibit dan hanya mengikuti akun dan kontak resmi Bibit.

Berikut akun dan nomor resmi Bibit, jika kamu di kontak di luar nomor ini segera lapor ke Tim Support Bibit

Nomor WhatsApp Bibit

  • +6221 508 64230

  • +6221 508 64221

Instagram: @bibit.id

Twitter: @bibitid

Facebook: Bibit

Blog: blog.bibit.id

Website: Bibit.id

E-mail tim support: support@bibit.id