Simulasi Investasi Rp 1 Miliar di Obligasi FR dan Reksa Dana

Sebagai pengusaha, investasi bisa menjadi pilihan untuk mengamankan dana nganggur. Sebab, jika hanya disimpan di bank, dana nganggur tersebut tidak ada potensi untuk tumbuh. Instrumen Investasi apa yang cocok untuk dana nganggur perusahaan?

Investasi di Obligasi FR

Obligasi Fixed Rate (FR) bisa menjadi pilihan bagi pengusaha yang ingin mengembangkan uangnya. Instrumen ini adalah Surat Utang Negara yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dengan kupon bersifat tetap dibayarkan setiap 6 bulan hingga jatuh tempo (sesuai UU No.24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara).

Anda bisa melihat apa saja keuntungan bagi pengusaha jika investasi di Obligasi FR dengan klik tautan berikut ini!

Investasi di Reksa Dana

Reksa dana adalah paket investasi yang dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi (MI) dan sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nantinya MI akan investasi ke berbagai macam instrumen investasi. Siapapun bisa berinvestasi di reksa dana tanpa terkecuali, termasuk jika kamu adalah seorang pengusaha yang mengelola sebuah bisnis.

Simulasi Investasi Rp1 Miliar

Obligasi FR 077

Di atas adalah simulasi investasi di Obligasi FR0077 (data per 21 September 2023). Jika Anda menginvestasikan dana perusahaan sebesar Rp1 miliar, maka hasilnya adalah sebagai berikut:

  • Modal investasi adalah lebih dari 1 miliar, atau Rp1,01 miliar karena harga FR0077 pada Kamis, 21 September 2023 adalah 101,24%

  • Maka, kupon per bulan yang akan Anda dapatkan adalah sebesar lebih dari Rp36,5 juta

  • Proyeksi return sampai jatuh tempo pada Mei 2024 adalah sebesar Rp1,04 miliar.

Lalu, bagaimana investasi di Reksa dana dengan nominal dan jangka waktu yang sama yaitu setahun?

simulasi perhitungan Reksa Dana Obligasi

Di atas adalah simulasi investasi di reksa dana. Jika Anda menginvestasikan Rp1 miliar di reksa dana, maka dalam setahun potensi keuntungannya adalah sebesar Rp56 juta atau tumbuh 5,65% per tahun. (Reksa Dana Obligasi di Bibit per 21 September 2023).

Investasi untuk Pengusaha di Bibit Bisnis

Kini telah hadir Bibit Bisnis untuk pengusaha atau pemilik perusahaan yang tertarik untuk menginvestasikan idle fund ataupun keuntungan bisnis di reksa dana maupun Obligasi FR dan Project Based Sukuk (PBS) atau FR Syariah. Beberapa keuntungan investasi melalui Bibit Bisnis:

  1. Aman Terpercaya. Bibit memiliki izin dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD). Dana nasabah tersimpan aman di bank kustodian. Pencairan dana hanya dapat dilakukan ke akun bank atas nama perusahaan yang didaftarkan oleh nasabah.

  2. Tidak Ada Biaya Tambahan. Bibit Bisnis tidak mengenakan biaya tambahan transaksi jual beli.

  3. Wealth Specialist untuk Nasabah Institusi. Tersedia Wealth Specialist yang didedikasikan khusus bagi nasabah Bibit Bisnis. Anda bisa berkonsultasi mulai dari strategi kelola dana investasi hingga pilihan produk investasi seperti reksa dana dan Obligasi FR ataupun PBS

  4. Harga Lebih Kompetitif. Harga beli lebih rendah, harga jual lebih tinggi, spread lebih rendah di Bibit. Tanpa biaya tersembunyi.

  5. Diversifikasi Investasi Lebih Mudah. Anda bisa dengan mudah berinvestasi di Reksa dana dan Obligasi FR sekaligus dalam satu aplikasi. Sehingga ini memudahkan perusahaan Anda dalam mengelola aset investasi.

Daftar Bibit Bisnis untuk Investasikan Dana Perusahaan

Tertarik menginvestasikan dana nganggur di Obligasi FR bersama Bibit Bisnis? Caranya mudah! Jika Anda sudah menjadi pengguna Bibit sebelumnya, bisa mendaftar melalui halaman profil pada aplikasi Bibit lalu klik bagian “Bibit untuk Perusahaan”.

Jika belum ada akun Bibit, Anda tetap bisa daftar dengan membuka halaman situs berikut ini! Hubungi Wealth Specialist kami untuk pertanyaan lebih lanjut seputar Bibit Bisnis dengan e-mail wealth@bibit.id!

Investasi dana perusahaan lebih praktis di Bibit Bisnis!