Perusahaan Punya Dana Idle, Ini Pilihan Investasi yang Cocok

Dana nganggur perusahaan bisa dialokasikan untuk banyak hal, salah satunya diinvestasikan agar berpotensi tumbuh dan dapat keuntungan. Selain ditempatkan di deposito bank, instrumen investasi Obligasi Fixed Rate (FR) juga bisa menjadi pilihan.

Obligasi FR adalah Surat Utang Negara yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dengan kupon bersifat tetap dibayarkan setiap 6 bulan hingga jatuh tempo (sesuai UU No.24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara).

Simulasi Deposito VS Investasi Obligasi FR

bibit bisnis simulasi investasi
bibit bisnis simulasi deposito

Menggunakan simulasi perhitungan di aplikasi Bibit, jika dana idle Rp1 miliar ditempatkan di deposito, maka dalam setahun keuntungannya adalah Rp24 juta atau (2,4% per tahun).

Bagaimana dengan Obligasi FR?

Di atas adalah simulasi jika Anda menginvestasikan Rp1 miliar di Obligasi FR0077 yang jatuh temponya tahun depan. Maka proyeksi keuntungan sampai dengan jatuh tempo pada 15 Mei 2024 adalah sebesar Rp31,9 juta atau secara total nilai investasi menjadi Rp1,45 miliar (+3,15%).

Jadi jika dibandingkan dengan total keuntungan investasi di deposito yang mencapai Rp1,02 miliar, maka keuntungan di Obligasi FR0077 lebih tinggi yaitu sebesar Rp 1,04 miliar.

Bagaimana cara memilih Obligasi FR yang tepat dan sesuai? Anda bisa temukan jawabannya dengan klik tautan ini!

Daftar Bibit Bisnis untuk Investasikan Dana Perusahaan

Tertarik menginvestasikan dana nganggur di Obligasi FR bersama Bibit Bisnis? Caranya mudah! Jika Anda sudah menjadi pengguna Bibit sebelumnya, bisa mendaftar melalui halaman profil pada aplikasi Bibit lalu klik bagian “Bibit untuk Perusahaan”.

Jika belum ada akun Bibit, Anda tetap bisa daftar dengan membuka halaman situs berikut ini! Hubungi Wealth Specialist kami untuk pertanyaan lebih lanjut seputar Bibit Bisnis dengan e-mail wealth@bibit.id!

Investasi dana perusahaan lebih praktis di Bibit Bisnis!