Ada Banyak Seri Obligasi FR, Mana yang Bisa Jadi Pilihan?

Untuk kamu yang pertama kali ingin investasi di obligasi FR (Fixed Rate), mungkin sering kebingungan dengan adanya berbagai jenis seri FR. Misalnya seperti Obligasi FR dengan seri FR0070, FR0081, FR0086, FR0091, FR0095, FR0096, atau FR0097. 

Ya, Obligasi FR memang diluncurkan pemerintah dengan berbagai macam seri. Tentunya berbeda seri, beda juga nilai kupon dan juga jatuh temponya. Contoh, FR0070 yang memiliki nilai kupon 8,375% per tahun dan jatuh tempo di 15 Maret 2024. Tapi ada juga seperti FR0097 yang jatuh temponya 15 Juni 2043 alias 20 tahun lagi dari sekarang dengan nilai kupon 7,125% per tahun!

Lalu kalau begitu, bagaimana cara pilih Obligasi FR mana yang tepat untuk investasimu? 

2 Faktor yang Perlu Kamu Perhatikan!

1. Return Obligasi FR = Yield

Sebelum membeli Obligasi FR, konsep yield harus dipahami dulu oleh investor. Yield  adalah keuntungan yang sebenarnya jika investor memegang suatu obligasi FR hingga jatuh tempo. Yield ini sudah memperhitungkan kupon dan juga harga beli FR di pasar sekunder.

Data per 13 April 2023

Supaya bisa lebih mudah dipahami, mari lihat contoh studi kasus pembelian FR0095:

  • Dengan membeli FR0095 dengan nilai Rp100 juta di harga premium (100,85%), maka yang dibayarkan investor adalah Rp100.850.000 (dari Rp100 juta x 100,85%). Kupon yang diterima per tahun adalah 6,375% atau Rp 6.3750.000 per tahun. 

  • Tapi karena membeli Obligasi FR di harga premium atau lebih mahal Rp850 ribu, maka yield atau keuntungan/return sesungguhnya yang diterima jadi 6,18% (karena memperhitungkan faktor harga obligasi dan kupon yang diterima).

  • Jadi jika kamu memegang FR0095 hingga jatuh tempo di 15 Agustus 2028, obligasi akan kembali ke harga par di 100% sehingga nilai pokok investasi yang kamu terima hanya Rp100 juta.  Itulah sebabnya imbal hasil sesungguhnya (yield) menjadi 6,18%, bukan senilai kupon 6,375%.

Jadi yield perlu diperhatikan jika kamu berencana untuk memegang FR hingga jatuh tempo, karena itu merupakan nilai return yang sebenarnya diperoleh.  

Pelajari Lebih Lanjut: Yield vs Kupon, Kenapa Yield Lebih Penting?

2. Passive Income dari Kupon 

Salah satu keunggulan dari investasi Obligasi FR adalah adanya kupon yang dibagikan rutin 6 bulan sekali. Hal ini bisa menjadi sumber passive income yang menarik untuk investor. 

Misalnya, dengan investasi di FR0081, maka kupon yang diterima per tahunnya adalah sebesar 6,5%. Jika investasi dengan nilai Rp100 juta, maka kupon yang diterima setiap tahun adalah Rp6.500.000 atau sebesar Rp3.250.000 setiap 6 bulan sekali (sebelum pajak 10%). 

Jadi selain yield, kamu juga dapat memperhatikan nilai kupon yang akan diterima secara berkala ketika memiliki Obligasi FR tersebut. 

Kesimpulan: jika kamu sudah merasa cukup puas dengan dengan yield dan nilai passive income dari kupon tetap yang ditawarkan dari salah satu produk Obligasi FR, maka seri obligasi tersebut bisa menjadi pilihan untukmu! Apalagi return yang diperoleh (yield) dari Obligasi FR bisa kamu kunci jika dipegang hingga jatuh tempo.

Dengan begitu, hal yang bisa kamu pertimbangkan selanjutnya untuk pilih Obligasi FR adalah tujuan dan jangka waktu investasi

Berikut adalah beberapa seri FR yang tersedia di aplikasi Bibit dan juga bagaimana jika disesuaikan dengan jangka waktu investasi. 

Jangka Waktu 1-3 Tahun: FR0070, FR0081 dan FR0086

  • Cocok untuk tujuan investasi jangka pendek hingga menengah (contoh: untuk umroh).

  • Cocok juga jika hanya ingin menyimpan dana atau tabungan dengan imbal hasil (return) lebih tinggi dari bunga deposito bank BUMN dan meminimalisir risiko suku bunga.

  • Cocok untuk first timer (baru pertama kali) baru ingin mencoba investasi di Obligasi FR, sehingga memulai dengan jangka investasi pendek terlebih dahulu.

Jangka Waktu 3-5 Tahun: FR0081, FR0086, dan FR0095

  • Cocok untuk tujuan keuangan jangka menengah (contoh: dana beli rumah, dana pendidikan).

  • Cocok untuk investor yang mencari passive income secara berkala sekaligus menjaga nilai aset investasinya (karena return bisa dikunci jika dipegang hingga jatuh tempo).

  • Cocok untuk investor yang menginginkan return di atas bunga deposito perbankan.

Jangka Waktu Lebih dari 5 Tahun (long term): FR0096, FR0091, dan FR0097

  • Cocok untuk tujuan keuangan jangka panjang seperti mempersiapkan dana pensiun.

  • Cocok untuk investor yang ingin memperoleh passive income secara rutin dalam jangka waktu yang panjang. 

  • Cocok jika kamu ingin mengembangkan dana atau modal dalam jangka waktu panjang di tengah perubahan suku bunga dan juga fluktuasi ekonomi. 

Jadi, seri Obligasi FR mana yang menjadi pilihanmu? Perlu diingat juga nih, Obligasi FR juga merupakan investasi yang rendah risiko karena sudah dijamin pemerintah melalui Undang-Undang No.24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara. Jadi pembagian kupon hingga pengembalian dana pokok investasimu sudah terjamin. 

Selain itu, tidak perlu khawatir meskipun jangka waktu Obligasi FR ada yang mencapai puluhan tahun. Soalnya Obligasi FR ini juga bersifat likuid. Kamu bisa menjual Obligasi FR sesuai dengan harga pasar sebelum jatuh tempo jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan dananya.

Sekarang kamu bisa membeli Obligasi FR di Bibit! Saat kamu membeli FR melalui Bibit, dana yang diinvestasikan akan tercatat atas namamu dan tidak akan tercampur dengan aset Bibit. Datanya bisa kamu cek langsung melalui akun KSEI milikmu! 

Writer: Tim Edukasi 

Disclaimer:  Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual produk tertentu.