Sekarang Adalah Waktu yang Tepat Beli Obligasi FR, Kenapa?

Begini skenarionya…

The Fed menaikkan suku bunga secara agresif  yang tujuannya untuk menahan inflasi. Sepanjang tahun lalu, The Fed telah menaikkan suku bunga acuan sebanyak 7 kali. Di mana secara kumulatif dilakukan pada Maret sampai Desember 2022. Kenaikan suku bunga masih berlanjut, pada 22 Maret 2023 The Fed menaikkan suku bunga 0,25% sehingga saat ini berada di kisaran 4,75 sampai 5%.

Sehingga nggak heran kalau langkah tersebut membuat Bank Indonesia (BI) juga mengambil langkah yang sama dengan cara menaikkan suku bunga secara agresif mulai Agustus 2022 sampai Januari 2023 (dari 3,5% menjadi 5,75%). Sehingga:

Saat ini, suku bunga sedang ada di tingkat tertinggi yang membuat yield Obligasi FR sedang tinggi dan dinilai sangat menarik. 

Kenaikan suku bunga oleh The Fed yang juga diikuti oleh BI tercermin pada gambar di bawah ini!

Berdasarkan kondisi tersebut, saat ini dinilai sebagai waktu yang tepat untuk investasi di obligasi FR. 

Alasan lain kenapa saat ini menjadi waktu yang tepat untuk  investasi di instrumen yang satu ini  adalah sebagai berikut!

Kesempatan untuk  Mengunci Return hingga 7% Sampai Jatuh Tempo

Return pasti hingga 7% per tahun secara jangka panjang merupakan peluang yang jarang ditemukan. Tingkat return tersebut sangat menarik karena dapat mengalahkan inflasi yang saat ini mencapai 4,97% per Maret 2023. Di sisi lain, bunga deposito rata-rata saat ini hanya mencapai 3,88% atau bahkan di bawah angka inflasi.

Perhatikan gambar di bawah ini!

Dalam gambar di atas, terlihat bagaimana pergerakan imbal hasil obligasi pemerintah secara tahunan dibandingkan dengan deposito perbankan dan inflasi. Garis kuning, yang merupakan pergerakan imbal hasil obligasi pemerintah secara tahunan, menunjukkan performa yang lebih baik dibandingkan keduanya (deposito dan inflasi).

Ketika suku bunga dan yield turun, harga obligasi FR akan naik. Dengan kata lain, jika kamu ingin menjual Obligasi FR, kamu akan mendapatkan keuntungan dari capital gain.

Bagaimana Jika Tidak Memegang hingga Jatuh Tempo?

Investor dapat menjual Obligasi FR kapan saja sebelum jatuh tempo. Bank Indonesia telah mengumumkan bahwa inflasi di Indonesia saat ini mulai terkendali. Jika suku bunga turun, yield Obligasi FR akan turun dan harga Obligasi FR akan naik.

Investor yang tidak berencana memegang Obligasi FR hingga jatuh tempo dapat berpotensi mendapatkan capital gain dengan menjual Obligasi FR di harga yang lebih tinggi daripada harga belinya.

Keamanan Ekstra untuk Yield Tinggi

Obligasi FR adalah investasi yang 100% aman. Negara menjamin pengembalian kupon dan modal investasi Obligasi FR tanpa batas maksimal. Hal ini membuat kamu bisa mendapatkan imbal hasil tetap setiap 6 bulan tidak peduli kondisi ekonomi yang sedang naik atau turun.

Supaya lebih jelas, di bawah ini adalah simulasi jika kamu berinvestasi di obligasi FR0097 yang bisa kamu beli di Bibit!

Penjelasan dari simulasi di atas adalah sebagai berikut:

Per 4 April 2023, FR0097 memberikan yield 6,88% per tahun. Artinya, kalau kamu membeli FR0097 pada 4 April 2023, kamu bisa mengunci return 6,88% per tahun untuk 20 tahun ke depan. Kabar baiknya lagi, kamu juga sudah bisa beli obligasi FR di Bibit. Jadi, sudah siap investasi obligasi FR sekarang?

Writer: Tim Edukasi

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual reksa dana/produk tertentu.