Obligasi FR, Investasi untuk Duit Serius

Bicara mengenai Obligasi FR, artinya bicara tentang duit serius. Bicara mengenai Obligasi FR, artinya bicara tentang duit serius. Pasalnya, jika investor mau menaruh lebih dari 80% asetnya di instrumen ini, maka dana investor berpotensi tetap aman.

Tak hanya itu, Obligasi FR juga memberikan return dan cashflow yang pasti. Berbeda jika investor menempatkan aset di instrumen yang lebih fluktuatif, keuntungannya memang berpotensi lebih besar dari Obligasi FR, tetapi risikonya juga tinggi sehingga return yang didapat tidak pasti.

Kenapa Obligasi FR Cocok untuk Simpan Sebagian Besar Asetmu? 

  • 100% Dijamin Negara

Kupon tetap Obligasi FR hingga 7,125% per tahun + pengembalian pokok 100% saat jatuh tempo  dijamin negara. Hal ini membuat risiko gagal bayar Obligasi FR sangat rendah.

  • Kepastian return hingga jatuh tempo

Obligasi FR memberikan kepastian jumlah dan kapan return berupa cash flow akan dibayarkan kepada investor.

  • Bisa dijual sebelum jatuh tempo

Jika kamu membutuhkan dana tiba-tiba, Obligasi FR adalah obligasi negara yang likuid. Kamu bisa jual kapan saja sebelum jatuh tempo.

  • Nilai Obligasi FR Pasti Kembali ke 100%

Kalaupun ada volatilitas harga, setidaknya kita sudah tahu pasti bahwa nilai obligasi akan kembali ke 100% pada saat jatuh tempo. Kita juga bisa tetap menikmati cashflow dari fixed kupon selama kita memegang obligasi, tidak peduli kondisi ekonomi naik atau turun.

Kenapa Sekarang Adalah Waktu yang Tepat?

✅ Trend suku bunga sedang tinggi pasca koreksi besar obligasi di 2022 menyebabkan yield Obligasi FR yang saat ini sedang tinggi

✅ Kesempatan untuk mengunci yield di 5,6-7% per tahun sampai jatuh tempo.

✅ Keamanan ekstra untuk yield tinggi.

Investasi untuk Casual Investor

Tanpa harus melakukan usaha lebih, investor bisa menaruh dananya dan mendapatkan guaranteed rate of return hingga 7% yang pasti dibayarkan dan aman dijamin negara. Dengan demikian, Obligasi FR bisa dikatakan sebagai instrumen investasi yang cocok untuk para casual investor yang memiliki pekerjaan utama dan kesibukan sehari-hari. Obligasi FR juga cocok untuk para investor yang sudah memiliki tanggungan keluarga dan membutuhkan kestabilan income dari investasi. 

Beli Obligasi FR di Bibit mulai dari Rp1 juta

Sekarang kamu bisa beli Obligasi FR dengan mudah di Bibit dengan harga yang lebih kompetitif. Harga beli rendah sehingga kamu bisa menikmati  yang lebih tinggi. Harga jual lebih tinggi sehingga spread lebih rendah di Bibit. 

Semua produk yg di beli di Bibit, termasuk obligasi, disimpan atas nama kamu, bukan atas nama Bibit. Jadi bisa di cek di Acuan Kepemilikan Sekuritas (AKSes) KSEI. Kamu bisa memonitor Obligasi FR di Bibit secara real time karena data di-update dengan cepat.

Writer: Tim CRM

Disclaimer: Data yang digunakan berdasarkan historis masa lalu dan tidak mencerminkan masa depan. Konten ini bertujuan untuk edukasi, bukan rekomendasi jual-beli produk.