Cara Menghemat Pajak dengan Investasi di Obligasi FR

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 18 Tahun 2021 yang merupakan aturan turunan dari UU Cipta Kerja yang mengatur tentang pengecualian dividen dari objek pajak penghasilan (PPh).

Berdasarkan ketentuan Pasal 14 PMK ini, dividen dari dalam negeri dan luar negeri yang diterima wajib pajak dalam negeri dikecualikan dari objek PPh atau pajak penghasilan. Asalkan, dividen tersebut diinvestasikan salah satunya ke instrumen obligasi negara.

Berdasarkan PMK tersebut, dana tersebut harus diinvestasikan di Indonesia dalam jangka waktu paling singkat 3 tahun. Hal ini bisa menjadi cara bagi wajib pajak untuk menghemat pajaknya. Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, instrumen investasi yang bisa dipilih adalah obligasi, misalnya dengan investasi di Obligasi Fixed Rate (FR). 

Apa itu Obligasi FR?

Obligasi FR adalah produk surat utang konvensional yang diterbitkan oleh pemerintah dalam mata uang rupiah dengan sistem kupon fixed rate atau tingkat kupon tetap dari produk diterbitkan hingga jatuh tempo. 

Pemerintah dalam hal ini sebagai penerbit menjamin pengembalian nilai pokok pada saat jatuh tempo serta juga nilai kupon yang akan dibayarkan secara berkala melalui undang-undang. Tak heran, Obligasi FR juga disebut sebagai instrumen yang aman!

Pemerintah menerbitkan obligasi ini dengan kode nama yang sama yaitu FR diikuti dengan kode angka tertentu seperti FR0050, FR0063, dan lainnya. Misalnya Obligasi FR seri 70 (FR0070), yang mempunyai kupon tetap sebesar 8,375%, dengan jatuh tempo pada 15 Maret 2024. Obligasi FR 100% dijamin negara dan bisa dijual kapan saja sebelum jatuh tempo. Adapun hingga 3 April 2023, imbal hasil (yield) obligasi di aplikasi Bibit berkisar antara 5.17% sampai 6.93%.

Kenapa Investasi di Obligasi FR?

Seperti yang dibicarakan di awal, investasi di Obligasi FR adalah salah satu investasi yang memenuhi syarat reinvestasi agar investor bisa mendapatkan tarif pajak dividen 0%. Jadi apabila investor mendapat dividen dari saham atau perusahaan sebesar Rp20 juta, ia bisa menggunakan bukti pembelian FR dengan nominal yang sama untuk bisa mendapatkan tarif pajak dividen 0%. Dengan membelinya di Bibit, pelaporan pajak pun akan lebih sederhana karena Bibit menyediakan dokumen pendukung laporan pajak tahunan. 

Obligasi pemerintah juga merupakan investasi aman dan stabil untuk menjaga nilai uang Anda. Passive income yang diperoleh dari investasi Obligasi FR bersifat pasti berdasarkan kupon dan yield yang ditetapkan pada saat pembelian. Pendapatan ini akan ditransfer ke rekening kamu setiap 6 bulan tanpa peduli kondisi ekonomi naik atau turun. Kamu juga bisa membagi investasi kamu ke dalam beberapa Obligasi FR untuk mendapatkan pembayaran kupon setiap bulan.

Dengan membeli FR secara multiple, kamu bisa mendapatkan cashflow setiap bulan . Misalnya kamu membeli FR0070 yang pembagian kuponnya pada Maret dan September, FR0086 pada April dan Oktober, FR0081 pada Juni dan Agustus. Dalam waktu dekat, Bibit akan segera menambah seri FR yang lain sehingga kamu bisa lebih banyak pilihan.

Beberapa keuntungan lain berinvestasi di Obligasi FR adalah:

  • Kepastian return yang bisa kamu kunci ketika membeli. Investor bisa tahu persis berapa total return pasti yang akan mereka terima. Bukan perkiraan return berdasarkan masa lalu.

  • Dapat diperdagangkan. Bisa dijual kapan saja sebelum jatuh tempo.

  • Aman dijamin negara. Instrumen investasi paling aman karena pembayaran pokok dan kuponnya 100% dijamin oleh negara Indonesia. Tidak mempunyai resiko gagal bayar.

  • Yield lebih besar dari deposito. Diversifikasi investasi kamu dan dapatkan yield yang lebih tinggi dibandingkan deposito dan tabungan bank.

  • Harga lebih kompetitif di Bibit. Harga beli lebih rendah, harga jual lebih tinggi, spread lebih rendah di Bibit. Tanpa dikenakan biaya tersembunyi.

Simulasi Investasi di Obligasi FR

Di atas adalah simulasi hitungan investasi di Obligasi FR sebesar Rp 5 miliar. Maka setiap 6 bulan, besaran kupon yang diterima adalah sebesar Rp 63,495,000. Sementara itu, pajak kupon berjalan dari Obligasi FR ini sebesar 10%, di mana angka tersebut lebih besar dibanding dengan pajak deposito perbankan.

Jadi, sudah siap investasi di Obligasi FR? Sambil menunggu seri FR yang lainnya di Bibit, yuk investasi sekarang!

Writer: Tim Edukasi

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual reksa dana/produk tertentu.