Yield vs Kupon: Kenapa Yield Lebih Penting?

Pada dasarnya, Obligasi FR kasih kupon tetap setiap 6 bulan sekali. Namun, harga Obligasi FR tidak tetap karena harganya naik turun selama diperjualbelikan di pasar sekunder. 

Bila kamu membeli di harga murah, maka kamu akan mendapatkan keuntungan lebih besar, dan sebaliknya. Keuntungan yang kamu dapatkan lebih besar atau lebih kecil karena harga beli obligasi yang berubah dihitung dalam yield. 

Supaya makin paham, baca penjelasan tentang harga beli, kupon, dan yield beli di bawah ini:

Harga Beli

Harga beli adalah harga yang kamu bayarkan untuk membeli Obligasi FR pada nominal tertentu.

Berikut ini 3 jenis harga beli Obligasi FR yang perlu kamu ketahui: 

  • Harga Par = jika harga obligasi FR sama dengan nilai nominal obligasi di 100

  • Harga Premium = Jika harga Obligasi FR lebih mahal dari nilai nominal obligasi di 100

  • Harga Diskon = Jika harga obligasi FR lebih murah dari nilai nominal obligasi di 100

Kupon/Tahun

Kupon di Obligasi FR adalah passive income dari nilai nominal obligasi yang dibagikan setiap 6 bulan sekali. Kupon Obligasi FR bersifat tetap, alias tidak akan berubah hingga jatuh tempo.

Yield Beli

Yield Beli adalah tingkat return sesungguhnya yang kamu terima jika memegang Obligasi FR hingga jatuh tempo. 

Yield yang kamu dapatkan sangat dipengaruhi oleh harga beli ketika kamu membeli Obligasi FR kamu. Sehingga seharusnya:

  • Jika kamu beli di harga diskon, maka Yield > Kupon.

  • Jika kamu beli di harga premium, maka Yield < Kupon.

  • Jika kamu beli di harga par, maka Yield = Kupon.

Studi Kasus

Misalnya, kamu membeli obligasi FR0070 di harga beli premium 102,58%. Kamu membeli FR0070 dengan nilai nominal Rp100 juta.

Maka, harga beli FR0070 atau biaya yang kamu bayarkan sebesar Rp 102,58 juta ( 102,58%*Rp100 juta) karena harga belinya lebih mahal dari nilai nominal FR0070  Rp100 Juta.

Lalu, kupon yang akan kamu terima setiap tahunnya adalah sebesar 8,375% dari nilai obligasi kamu atau sebesar Rp8,37 juta (8,375% x Rp100.000.000).

Namun, kupon 8,375% belum bisa dianggap sebagai return sesungguhnya. Karena mengingat kamu membeli FR0070  tersebut di Rp102,58 juta.

Jika kamu pegang FR0070 hingga jatuh tempo di Maret 2024, nilai pokok pengembalian yang kamu dapatkan adalah sesuai dengan nilai obligasi kamu sebesar Rp100 juta.

Karena kamu beli di harga premium atau sekitar Rp2,5 juta lebih mahal, maka secara rata-rata yield, atau total return kamu sampai jatuh tempo adalah 5,78% per tahun. 

Selanjutnya, kamu beli di harga premium atau sekitar Rp2,5 juta lebih mahal, maka secara rata-rata yield kamu menjadi 5,78% per tahun. 

Berikut adalah ilustrasi yang bisa membantumu membedakan kupon dan yield. Yield adalah kombinasi dari kupon dan capital gain/loss dari harga obligasi.

Alternatif 1 untuk contoh:

Obligasi FR0070 memiliki harga 102,98% dan kupon tetap 8,375% per tahun. Kamu ingin membelinya di nominal pembelian Rp100 juta dan ingin dipegang hingga jatuh tempo. 

Perhitungan:

Nominal yang perlu dibayar = 102,98% x Rp100 juta = Rp 102,98 juta

Kupon yang didapat tiap tahun = 8,375% x Rp100 juta = Rp 8,37 juta per tahun

Namun, kupon tetap 8,375% per tahun belum bisa dianggap sebagai return sesungguhnya karena kamu ingin pegang Obligasi FR0070 hingga jatuh tempo. 

Berikut adalah perhitungannya:

Kesimpulan: Yield lebih penting.

Kamu bisa melihat kupon jika ingin tahu berapa jumlah passive income tetap yang kamu dapatkan setiap 6 bulannya.

Namun, jika kamu mau melihat return yang sesungguhnya, maka kamu bisa  melihat yield beli sebagai faktor terpenting jika ingin memegang Obligasi FR hingga jatuh tempo.

Tapi, kenapa kalau kita beli SBN Ritel tidak ada Harga Beli maupun Yield? Yang dilihat hanya kupon.

SBN Ritel adalah surat berharga negara yang diperdagangkan pada pasar primer. Sehingga Harga Beli SBN Ritel itu selalu sama dengan Nilai Nominal SBN Ritel, atau yang kita sebut juga harga par ( = 100). 

Artinya, bisa dibilang, nilai kupon SBN Ritel itu sama dengan Yield SBN Ritel, karena kita selalu membelinya dengan harga par.

Jadi, perhatikan seluruh komponen mulai dari harga, yield, dan kupon saat membeli obligasi FR. Yuk, tambah portofolio investasi kamu dengan beli obligasi FR di Bibit!

Writer: Tim CRM