Investasi Jangka Panjang yang Cocok untuk Pengusaha

Obligasi Fixed Rate (FR) menjadi instrumen investasi yang memiliki jatuh tempo lama lebih dari 10 tahun. Meskipun setiap seri Obligasi FR yang diterbitkan memiliki jatuh tempo puluhan tahun, namun bisa diperjualbelikan sebelum jatuh tempo.

Dalam kondisi normal, Obligasi FR dengan jatuh tempo lebih panjang umumnya akan memberikan imbal hasil (yield) yang lebih tinggi. Hal itu dibandingkan Obligasi FR dengan jatuh tempo lebih pendek.

Pengusaha Investasi di Obligasi FR

Sebagai pengusaha, Anda bisa memilih Obligasi FR untuk investasi jangka panjang, misalnya untuk tujuan tertentu seperti ekspansi. Selain keamanan karena 100% dijamin negara, perusahaan juga bisa memperoleh passive income sebagai revenue tambahan.

Beli Obligasi FR di Bibit

Saat ini, Anda bisa membeli Obligasi FR di Bibit. Bagi Anda yang preferensi investasinya syariah, Anda juga bisa membeli FR syariah atau Project Based Sukuk (PBS) di Bibit! Berikut adalah beberapa jenis FR yang bisa Anda beli di Bibit!

Data per 13 Juli 2023

Beberapa alasan kenapa investasi dana perusahaan cocok ditempatkan di Obligasi FR. Alasannya adalah sebagai berikut!

1. Aman Dijamin Negara

Instrumen investasi teraman karena pembayaran pokok dan kuponnya 100% dijamin oleh negara Indonesia.

2. Bisa Diperdagangkan Kapan Saja

Obligasi FR dapat dijual sebelum jatuh tempo.

3. Harga Lebih Kompetitif

Harga beli lebih rendah, harga jual lebih tinggi, spread lebih rendah di Bibit. Tanpa biaya tersembunyi.

Tujuan Investasi untuk Pemilik Bisnis

Selain untuk ekspansi, ada beberapa tujuan investasi di Obligasi FR yang bisa dilakukan oleh perusahaan. Antara lain sebagai berikut:

  • Pertumbuhan Modal

Salah satu tujuan utama investasi adalah meningkatkan nilai modal. Investor berharap mendapatkan keuntungan dari investasi mereka dengan cara meningkatkan nilai aset atau mendapatkan pengembalian yang menguntungkan.

  • Pendapatan Pasif (Passive Income)

Investasi bisa menjadi sumber pendapatan pasif yang stabil. Misalnya, Anda sebagai pengusaha memiliki dana idle yang belum akan digunakan dalam waktu dekat. Dengan menginvestasikan dana idle tersebut, maka bisa menghasilkan arus kas yang stabil misalnya dalam bentuk bunga/kupon.

  • Mencapai Tujuan Keuangan Perusahaan

Investasi bisa menjadi jalan untuk mencapai tujuan keuangan dalam mengelola sebuah usaha. Misalnya, menambah modal untuk meningkatkan keuntungan. Dengan menyisihkan sebagian keuntungan, Anda semakin siap dalam mencapai tujuan perusahaan.

Daftar Bibit Bisnis untuk Investasikan Dana Perusahaan

Tertarik menginvestasikan dana nganggur (idle fund) di Obligasi FR bersama Bibit Bisnis? Caranya mudah! Jika Anda sudah menjadi pengguna Bibit sebelumnya, bisa mendaftar melalui halaman profil pada aplikasi Bibit lalu klik bagian “Bibit untuk Perusahaan”.

Selain melalui aplikasi, Anda juga bisa mendaftar melalui halaman berikut ini! Hubungi Wealth Specialist kami untuk pertanyaan lebih lanjut seputar Bibit Bisnis dengan e-mail wealth@bibit.id!

Investasi dana perusahaan lebih praktis di Bibit Bisnis!

Writer: Tim CRM