Obligasi FR Cocok untuk Pengusaha, Ini Alasannya!

Sebagai pengusaha yang ingin menginvestasikan sebagian keuntungan yang diperoleh, Anda bisa memilih instrumen Obligasi Fixed Rate (FR). Ini adalah Surat Utang Negara yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dengan kupon bersifat tetap yang dibayar setiap 6 bulan hingga jatuh tempo (sesuai UU No.24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara).

3 alasan investasi dana perusahaan cocok ditempatkan di Obligasi FR!

1. Aman Dijamin Negara

Instrumen investasi teraman karena pembayaran pokok dan kuponnya 100% dijamin oleh negara Indonesia.

2. Bisa Diperdagangkan Kapan Saja

Obligasi FR dapat dijual sebelum jatuh tempo. Sehingga Anda bisa mencairkan investasi ini saat butuh pendanaan.

3. Kunci Return hingga Jatuh Tempo

Return yang kamu dapatkan bisa dikunci jika Obligasi FR dipegang hingga jatuh tempo.

Hal Lain yang Harus Diketahui Tentang Obligasi FR

Kupon. Obligasi FR adalah salah satu instrumen investasi yang bisa memberikan kepastian passive income bagi investor karena adanya kupon yang dibagikan secara berkala. Adapun keuntungan berupa kupon tersebut akan dibayarkan setiap 6 bulan atau 2 kali setahun.

Besaran kupon yang dibagikan bersifat pasti, tidak peduli kondisi ekonomi naik/turun. Saat ini, Obligasi FR yang tersedia di Bibit menawarkan kupon yang berkisar mulai dari 6 persen hingga 8 persen per tahun.

Yield. Selain mempertimbangkan kupon, hal lainnya yang patut dipertimbangkan adalah yield. Yield adalah rata-rata return/keuntungan per tahun sesungguhnya yang akan kamu dapat jika memegang obligasi hingga jatuh tempo. Yield yang kamu dapat akan semakin besar apabila kamu membeli FR dengan harga per unit yang lebih murah dan akan semakin kecil ketika kamu membeli FR di harga per unit yang lebih mahal.

Bisa disimpulkan bahwa jika Anda ingin mendapatkan return yang sesungguhnya, maka yield menjadi salah satu faktor terpenting saat ingin memegang Obligasi FR. Dengan catatan, obligasi FR tersebut dipegang hingga jatuh tempo.

Investasi untuk Pengusaha di Bibit Bisnis

Kini telah hadir Bibit Bisnis untuk pengusaha atau pemilik perusahaan yang tertarik untuk menginvestasikan idle fund ataupun keuntungan bisnis di reksa dana maupun Obligasi FR dan Project Based Sukuk (PBS) atau FR Syariah.

Beberapa keuntungan investasi melalui Bibit Bisnis:

  • Aman Terpercaya. Bibit memiliki izin dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD). Dana nasabah tersimpan aman di bank kustodian. Pencairan dana hanya dapat dilakukan ke akun bank atas nama perusahaan yang didaftarkan oleh nasabah.

  • Tidak Ada Biaya Tambahan. Bibit Bisnis tidak mengenakan biaya tambahan transaksi jual beli.

  • Wealth Specialist untuk Nasabah Institusi. Tersedia Wealth Specialist yang didedikasikan khusus bagi nasabah Bibit Bisnis. Anda bisa berkonsultasi mulai dari strategi kelola dana investasi hingga pilihan produk investasi seperti reksa dana dan Obligasi FR ataupun PBS

  • Harga Lebih Kompetitif. Harga beli lebih rendah, harga jual lebih tinggi, spread lebih rendah di Bibit. Tanpa biaya tersembunyi.

Daftar Bibit Bisnis untuk Investasikan Dana Perusahaan

Tertarik menginvestasikan dana nganggur di Obligasi FR bersama Bibit Bisnis? Caranya mudah! Jika Anda sudah menjadi pengguna Bibit sebelumnya, bisa mendaftar melalui halaman profil pada aplikasi Bibit lalu klik bagian “Bibit untuk Perusahaan”.

Jika belum ada akun Bibit, Anda tetap bisa daftar dengan membuka halaman situs berikut ini! Hubungi Wealth Specialist kami untuk pertanyaan lebih lanjut seputar Bibit Bisnis dengan e-mail wealth@bibit.id!

Investasi dana perusahaan lebih praktis di Bibit Bisnis!