Pengusaha Investasi di Obligasi FR, Apa Bedanya dengan Deposito?

Sebagai pengusaha yang ingin menginvestasikan sebagian keuntungan bisnis yang diperoleh, Anda bisa memilih obligasi FR, Surat Utang Negara yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dengan kupon bersifat tetap.

Adapun kupon tersebut akan dibayar setiap 6 bulan hingga jatuh tempo (sesuai UU No.24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara). Ada 3 alasan Oligasi FR cocok untuk investasikan dana perusahaan:

1. Aman Dijamin Negara

Instrumen investasi teraman karena pembayaran pokok dan kuponnya 100% dijamin oleh negara Indonesia.

2. Bisa Diperdagangkan Kapan Saja

Obligasi FR dapat dijual sebelum jatuh tempo.

3. Harga Lebih Kompetitif

Harga beli lebih rendah, harga jual lebih tinggi, spread lebih rendah di Bibit. Tanpa biaya tersembunyi.

4. Kunci Return hingga Jatuh Tempo

Return yang kamu dapatkan bisa dikunci jika Obligasi FR dipegang hingga jatuh tempo.

Apa bedanya Obligasi FR VS Deposito?

Keuntungan deposito didapat dari hasil penerapan suku bunga yang sudah disepakati saat awal. Karena menggunakan sistem bunga, jadi keuntungan investasi sudah bisa dipastikan. Tapi, besaran bunga yang akan diberikan tergantung tenor atau waktunya, di mana saat ini rerata suku bunga deposito bank BUMN adalah sebesar 2,8%.

(*) Rata-rata bunga deposito 3 Bank BUMN per Juli 2023 (**) rata-rata yield Obligasi FR di Bibit (per 10 Juli 2023)

Jika melihat tabel di atas, bisa dilihat return dari deposito bank saat ini rata-ratanya 2,8% per tahun. Angka tersebut lebih kecil dibanding investasi di Obligasi FR, karena rata-rata return berupa yield mencapai 5,8% per tahun.

Anda sebagai pengusaha tentunya ingin memperoleh return lebih maksimal saat menginvestasikan dana perusahaan. Sebab, dengan return yang maksimal, Anda bisa menggunakan dana perusahaan tersebut untuk beberapa tujuan seperti di bawah ini:

Pertumbuhan Modal

Salah satu tujuan utama investasi adalah meningkatkan nilai modal. Investor berharap mendapatkan keuntungan dari investasi mereka dengan cara meningkatkan nilai aset atau mendapatkan pengembalian yang menguntungkan.

Pendapatan Pasif

Investasi bisa menjadi sumber pendapatan pasif yang stabil. Misalnya, Anda sebagai pengusaha memiliki dana idle yang belum akan digunakan dalam waktu dekat. Dengan menginvestasikan dana idle tersebut, maka bisa menghasilkan arus kas yang stabil misalnya dalam bentuk bunga/kupon.

Mencapai Tujuan Keuangan

Investasi bisa menjadi jalan untuk mencapai tujuan keuangan dalam mengelola sebuah usaha. Misalnya, menambah modal untuk meningkatkan keuntungan. Dengan menyisihkan sebagian keuntungan, Anda semakin siap dalam mencapai tujuan perusahaan.

Daftar Bibit Bisnis untuk Investasikan Dana Perusahaan

Tertarik menginvestasikan dana nganggur di Obligasi FR bersama Bibit Bisnis? Caranya mudah! Jika Anda sudah menjadi pengguna Bibit sebelumnya, bisa mendaftar melalui halaman profil pada aplikasi Bibit lalu klik bagian “Bibit untuk Perusahaan”.

Jika belum ada akun Bibit, Anda tetap bisa daftar dengan membuka link pendaftaran di sini! Anda juga bisa menghubungi Wealth Specialist kami untuk pertanyaan lebih lanjut seputar Bibit Bisnis dengan e-mail wealth@bibit.id!

Investasi dana perusahaan lebih praktis di Bibit Bisnis!

Writer: Tim CRM