Keuntungan Investasi Obligasi FR untuk Pengusaha

Obligasi Fixed Rate (FR) adalah adalah Surat Utang Negara yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dengan kupon bersifat tetap yang dibayar setiap 6 bulan hingga jatuh tempo (sesuai UU No.24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara).

Sebagai pengusaha yang ingin menginvestasikan sebagian keuntungan yang diperoleh, Anda bisa memilih instrumen yang satu ini. Ada beberapa alasan kenapa investasi dana perusahaan cocok ditempatkan di Obligasi FR. Alasannya adalah sebagai berikut!

Aman Dijamin Negara

Instrumen investasi teraman karena pembayaran pokok dan kuponnya 100% dijamin oleh negara Indonesia.

Bisa Diperdagangkan Kapan Saja

Obligasi FR dapat dijual sebelum jatuh tempo.

Harga Lebih Kompetitif

Harga beli lebih rendah, harga jual lebih tinggi, spread lebih rendah di Bibit. Tanpa biaya tersembunyi.

Sementara itu, saat berinvestasi di Obligasi FR, ada beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan. Antara lain sebagai berikut!

Kupon

Obligasi FR adalah salah satu instrumen investasi yang bisa memberikan kepastian passive income bagi investor karena adanya kupon yang dibagikan secara berkala. Adapun keuntungan berupa kupon tersebut akan dibayarkan setiap 6 bulan atau 2 kali setahun.

Besaran kupon yang dibagikan bersifat pasti, tidak peduli kondisi ekonomi naik/turun. Saat ini, Obligasi FR yang tersedia di Bibit menawarkan kupon yang berkisar mulai dari 6 persen per tahun hingga 8 persen per tahun.

Yield

Selain mempertimbangkan kupon, hal lainnya yang patut dipertimbangkan adalah yield. Yield adalah rata-rata return/keuntungan per tahun sesungguhnya yang akan kamu dapat jika memegang obligasi hingga jatuh tempo. Yield yang kamu dapat akan semakin besar apabila kamu membeli FR dengan harga per unit yang lebih murah dan akan semakin kecil ketika kamu membeli FR di harga per unit yang lebih mahal.

Bisa disimpulkan bahwa jika Anda ingin mendapatkan return yang sesungguhnya, maka yield menjadi salah satu faktor terpenting saat ingin memegang Obligasi FR. Dengan catatan, obligasi FR tersebut dipegang hingga jatuh tempo.

Beli Obligasi FR di Bibit

Saat ini, Anda bisa membeli Obligasi FR di Bibit. Bagi Anda yang preferensi investasinya syariah, Anda juga bisa membeli FR syariah di Bibit! Berikut adalah beberapa jenis FR yang bisa Anda beli di Bibit!

Obligasi FR Per 27 Juni 2023 di Aplikasi Bibit

Tujuan Investasi untuk Pemilik Bisnis

Berikut ini adalah contoh tujuan investasi yang bisa Anda lakukan sebagai pengusaha:

Pertumbuhan Modal

Salah satu tujuan utama investasi adalah meningkatkan nilai modal. Investor berharap mendapatkan keuntungan dari investasi mereka dengan cara meningkatkan nilai aset atau mendapatkan pengembalian yang menguntungkan.

Pendapatan Pasif

Investasi bisa menjadi sumber pendapatan pasif yang stabil,. Misalnya, Anda sebagai pengusaha memiliki dana idle yang belum akan digunakan dalam waktu dekat. Dengan menginvestasikan dana idle tersebut, maka bisa menghasilkan arus kas yang stabil misalnya dalam bentuk bunga/kupon.

Mencapai Tujuan Keuangan

Investasi bisa menjadi jalan untuk mencapai tujuan keuangan dalam mengelola sebuah usaha. Misalnya, menambah modal untuk meningkatkan keuntungan. Dengan menyisihkan sebagian keuntungan, Anda semakin siap dalam mencapai tujuan perusahaan.

Daftar Bibit Bisnis untuk Investasikan Dana Perusahaan

Tertarik menginvestasikan dana nganggur di Obligasi FR bersama Bibit Bisnis? Caranya mudah! Jika Anda sudah menjadi pengguna Bibit sebelumnya, bisa mendaftar melalui halaman profil pada aplikasi Bibit lalu klik bagian “Bibit untuk Perusahaan”.

Jika belum ada akun Bibit, Anda tetap bisa daftar dengan membuka halaman situs berikut ini! Hubungi Wealth Specialist kami untuk pertanyaan lebih lanjut seputar Bibit Bisnis dengan e-mail wealth@bibit.id!

Investasi dana perusahaan lebih praktis di Bibit Bisnis!

Writer: Tim CRM