Optimalkan Keuntungan Bisnis: Investasi di Mana?

Sebagai pebisnis atau pemilik perusahaan, memperoleh keuntungan bisnis menjadi salah satu prioritas utama. Namun, mengelola keuntungan dari bisnis yang sudah dijalankan juga tidak kalah penting.

Mengelola keuntungan dengan bijak merupakan hal penting untuk mencapai pertumbuhan jangka panjang dan keberlanjutan usaha. Salah satu cara yang umum dilakukan adalah dengan melakukan investasi di aset yang tepat.

Pemilihan aset yang tepat dapat membantu untuk mengembangkan dana secara optimal dan dengan risiko yang dapat terukur. Berikut ini instrumen investasi yang bisa dipertimbangkan oleh pebisnis atau pemilik perusahaan untuk menginvestasikan keuntungan bisnis:

Reksa Dana

Reksa dana adalah paket investasi yang dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi (MI) dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Beberapa keunggulan dari investasi reksa dana bagi pemilik bisnis:

  • Reksa dana dikelola MI yang profesional. Anda tidak perlu repot melakukan analisis pergerakan pasar secara mendalam karena sudah dikelola oleh MI. Jadi Anda bisa lebih fokus mengembangkan bisnis.

  • Bisa dicairkan kapan saja jika dibutuhkan dananya. Reksa dana tidak memiliki tenggat waktu atau jatuh tempo, sehingga saat pencairan tidak dikenakan penalti.

  • Bebas pajak. Imbal hasil yang diterima dari investasi reksa dana sudah bersih (nett), tidak ada potongan pajak.

  • Salah satu pilihan diversifikasi investasi untuk mengembangkan dana Anda.

Reksa dana memiliki beberapa jenis, yaitu Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Obligasi, dan Reksa Dana Saham. Dari ketiga jenis ini, Reksa Dana Pasar Uang bisa dipertimbangkan untuk para pebisnis atau pemilik perusahaan untuk menjadi pilihan instrumen investasi.

Kenapa Reksa Dana Pasar Uang? Reksa dana ini merupakan jenis reksa dana yang paling rendah risiko dengan pergerakan yang stabil.

Reksa Dana Pasar Uang menempatkan seluruh asetnya 100% di instrumen pasar uang seperti deposito dan/atau obligasi dengan jatuh tempo di bawah 1 tahun. Oleh karena itu, fluktuasi pergerakan Reksa Dana Pasar Uang relatif sangat minim dan rendah risiko.

Contoh Grafik Pergerakan Salah Satu Produk Reksa Dana Pasar Uang

Obligasi Pemerintah Fixed Rate (FR) dan Project Based Sukuk (PBS)

Obligasi FR dan PBS merupakan obligasi yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dalam mata uang rupiah. Kedua obligasi ini sama-sama memiliki keuntungan berupa kupon fixed rate, yaitu bersifat tetap alias tidak berubah hingga jatuh tempo dan dibagikan setiap 6 bulan sekali.

Hal yang membedakan antara Obligasi FR dan PBS hanyalah cara pengelolaannya. Obligasi FR dikelola secara konvensional. Sedangkan Obligasi PBS dikelola secara syariah, sehingga cocok untuk investor yang memiliki preferensi investasi syariah, namun juga tidak membatasi siapa saja yang ingin berinvestasi di aset ini.

Obligasi FR dan PBS diterbitkan dengan seri yang berbeda. Misalnya FR0070, FR0077, FR0081, PBS003, PBS033, dan lainnya. Tiap seri Obligasi FR dan PBS ini memiliki nilai kupon dan jatuh tempo yang berbeda. Contoh, FR0081 dengan kupon 6,5% per tahun dan jatuh tempo hingga 15 Juni 2025.

5 Keunggulan Investasi Obligasi FR dan PBS

Apa saja keunggulan dari Obligasi FR dan PBS sehingga bisa menjadi salah satu pilihan diversifikasi investasi untuk portofolio Anda?

1. Bisa Dijual Sebelum Jatuh Tempo

Meskipun beberapa seri FR dan PBS memiliki jatuh tempo yang lama, namun kedua obligasi ini likuid dan bisa dijual kapan saja sebelum jatuh tempo.

2. Aman Dijamin Negara

Pembayaran pokok dan kupon 100% dijamin oleh negara melalui Undang-Undang (UU) tanpa batas nominal maksimal.

3. Yield Lebih Tinggi Dibanding Deposito

Yield merupakan keuntungan yang diperoleh jika memegang obligasi FR atau PBS hingga jatuh tempo.Yield ini memperhitungkan kupon dan juga harga beli FR atau PBS di pasar sekunder. Inilah sebabnya, yield dianggap juga sebagai imbal hasil yang dapat dikunci jika dipegang hingga jatuh tempo.

Sebagai instrumen investasi yang rendah risiko dan likuid, Obligasi FR dan PBS biasanya juga memiliki yield yang lebih tinggi dibanding deposito.

4. Dapat Kupon Setiap 6 Bulan

Kupon Obligasi FR dan PBS dibagikan secara berkala tiap 6 bulan, sehingga bisa menjadi salah satu sumber passive income yang pasti.

5. Kupon Dihitung Tiap Hari

Meskipun pembagian kupon tiap 6 bulan, namun kupon dihitung setiap hari. Jika Anda menjual Obligasi FR atau PBS sebelum tanggal pembagian kupon (alias sebelum jatuh tempo), Anda juga tetap mendapatkan kupon berjalan yang menjadi hak investor.

Baca Juga: Kepastian Return dari Obligasi FR di Tengah Fluktuasi Market

Investasi untuk Pengusaha di Bibit Bisnis

Kini telah hadir Bibit Bisnis untuk pengusaha atau pemilik perusahaan yang tertarik untuk menginvestasikan idle fund ataupun keuntungan bisnis di reksa dana maupun Obligasi FR dan PBS. Beberapa keuntungan investasi melalui Bibit Bisnis:

Aman Terpercaya

Bibit memiliki izin dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD). Dana nasabah tersimpan aman di bank kustodian. Pencairan dana hanya dapat dilakukan ke akun bank atas nama perusahaan yang didaftarkan oleh nasabah.

Tidak Ada Biaya Tambahan

Bibit Bisnis tidak mengenakan biaya tambahan transaksi jual beli.

Wealth Specialist untuk Nasabah Institusi

Tersedia Wealth Specialist yang didedikasikan khusus bagi nasabah Bibit Bisnis. Anda bisa berkonsultasi mulai dari strategi kelola dana investasi hingga pilihan produk investasi seperti reksa dana dan Obligasi FR ataupun PBS.

Cara Gabung Bibit Bisnis

Yuk gabung Bibit Bisnis dengan mudah! Jika Anda sudah menjadi pengguna Bibit sebelumnya, maka Anda bisa mendaftar melalui halaman profil pada aplikasi Bibit lalu klik bagian “Bibit untuk Perusahaan”.

Namun tidak masalah jika Anda belum memiliki akun BIbit. Anda tetap bisa daftar dengan membuka halaman situs berikut https://bibit.id/bisnis. Hubungi Wealth Specialist kami untuk pertanyaan lebih lanjut seputar Bibit Bisnis dengan e-mail wealth@bibit.id!

Investasi dana perusahaan lebih efisien dan mudah di Bibit Bisnis!

Writer: CRM Team