Cari Potensi Capital Gain dari Obligasi FR Tenor Panjang

Istilah capital gain mungkin lebih identik dengan instrumen saham. Baik investor maupun trader biasanya mengincar keuntungan dari kenaikan harga suatu saham.

Namun, keuntungan dalam bentuk capital gain ini juga dapat diperoleh dari instrumen berbasis utang seperti Obligasi FR.

Pada artikel ini, kita akan membahas potensi capital gain di Obligasi FR: mulai dari jenis obligasi FR yang lebih sesuai untuk cari potensi capital gain hingga peluang dari momentum suku bunga saat ini. Yuk simak penjelasannya! 

Apa Saja Bentuk Keuntungan dari Investasi Obligasi FR?

Ketika berinvestasi pada Obligasi FR, ada 2 jenis keuntungan yang bisa didapatkan oleh investor:

1.Kupon

  • Tingkat kupon bersifat tetap dan dibayarkan setiap 6 bulan

  • Pembayaran kupon dijamin oleh negara melalui UU

  • Perhitungan kupon dihitung secara harian

Kupon pada Obligasi FR menjadikan instrumen ini cocok bagi investor yang menginginkan passive income / cash flow secara rutin. 

2. Capital Gain

Obligasi FR dapat diperjualbelikan sebelum jatuh tempo. Oleh karena itu, ada potensi capital gain yang dapat diperoleh jika investor menjual Obligasi FR di harga yang lebih tinggi dari harga beli.

Namun hal yang perlu diingat adalah, berbeda dengan kupon, keuntungan dari capital gain bersifat tidak pasti karena mengikuti pergerakan pasar yang berubah setiap harinya.

Lalu bagaimana jika kondisi harga jual lebih rendah dari harga beli? Tak perlu khawatir karena selama masih hold Obligasi FR, kamu akan tetap mendapatkan kepastian dari nilai kupon sambil menunggu harga naik. 

Obligasi FR yang Lebih Cocok untuk Capital Gain

  • Bagi investor yang mengincar potensi capital gain, Obligasi FR dengan tenor panjang cenderung lebih menarik dibandingkan Obligasi FR tenor pendek. Hal ini dikarenakan Obligasi FR tenor panjang lebih sensitif terhadap kebijakan perubahan suku bunga.

  • Ketika suku bunga diperkirakan akan turun, maka Obligasi FR tenor panjang memiliki potensi kenaikan harga yang lebih tinggi.

  • Namun sebaliknya, ketika ekspektasi suku bunga naik, maka Obligasi FR tenor panjang juga memiliki risiko penurunan harga yang lebih dalam.

Potensi Capital Gain dari Kebijakan Suku Bunga Saat Ini

  • Saat ini suku bunga acuan BI-7 Day Reverse Repo Rate (BI-7DRR) berada di level 5,75%, yang artinya sudah ditahan sejak Februari 2023.

  • Mengutip survei Reuters terbaru, sebanyak 20 dari 28 ekonom memperkirakan BI akan tetap menahan BI-7DRR di level tersebut hingga akhir tahun. Sementara 8 ekonom lainnya memproyeksikan suku bunga acuan akan dipangkas sebelum akhir 2023.

  • Secara median dalam survei tersebut, ekonom memperkirakan BI-7DRR akan dipangkas sebanyak 25 bps pada kuartal I/2024.

  • Mengingat potensi capital gain yang lebih besar ketika ekspektasi suku bunga turun, hal ini menjadikan Obligasi FR jangka panjang masih terlihat sebagai pilihan menarik.

Mumpung suku bunga belum dipangkas dan masih ada potensi untuk kenaikan harga, kamu bisa pertimbangkan untuk berinvestasi di Obligasi FR sekarang!

Writer: Investment Research Team

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual produk investasi tertentu.