Obligasi FR Too Good to be True?

Obligasi FR (Fixed Rate) merupakan instrumen investasi yang aman dan rendah risiko karena pengembalian pokok dan pembayaran kuponnya 100% aman dijamin oleh negara melalui undang-undang. 

Kenapa Obligasi FR Menarik?

  • Konsisten membagikan passive income setiap 6 bulan sekali

  • Obligasi FR cocok untuk berbagai jangka waktu, dari jangka pendek, menengah, hingga panjang. Hal ini disebabkan oleh berbagai seri Obligasi FR dengan jatuh tempo yang berbeda, mulai dari 1 - 25 tahun. 

  • Return Obligasi FR juga menarik, misalnya FR0077 dengan jatuh tempo <1 tahun memiliki yield >5% dalam 1 tahun. Lalu, FR0076 dengan jatuh tempo 25 tahun memiliki yield di atas deposito yaitu di >6,5% per tahun

  • Bisa dijual kapan saja sebelum jatuh tempo

Tapi apakah Obligasi FR too good to be true? Ini risiko yang perlu kamu tahu biar lebih yakin!

Risiko Investasi Obligasi FR 

Risiko Gagal Bayar

Surat utang pasti memiliki risiko gagal bayar. Namun, penjamin Obligasi FR adalah negara. Negara menjamin penuh pengembalian modal beserta kupon Obligasi FR dalam Undang-Undang. 

“Sepanjang  sejarah, negara belum pernah gagal bayar obligasi.” – Denny Ridwan, Direktur Surat Utang Negara

Risiko Suku Bunga

Obligasi FR diperjualbelikan di pasar sekunder sehingga mengalami pergerakan harga. Faktor utama pergerakan harga adalah ekspektasi terhadap suku bunga. Ketika suku bunga turun, maka harga FR naik dan yield turun. Dan sebaliknya.

Ketika kamu membeli satu seri FR, kamu sudah mengunci yield dan tidak akan berubah hingga jatuh tempo walau kondisi ekonomi naik atau turun. Walaupun ada potensi floating capital loss saat harga FR turun, kamu tetap mendapatkan yield yang sama saat kamu membeli Obligasi FR jika dipegang hingga jatuh tempo. 

Risiko Capital Loss

Risiko ketika kamu menjual obligasi FR di harga yang lebih rendah dibandingkan harga beli dan sebaliknya, ada potensi capital gain jika kamu menjual di harga yang lebih tinggi.

Namun pada saat yang sama, FR juga memberikan kupon yang diperhitungkan setiap harinya yang bisa membantu mengurangi atau bahkan menggantikan capital loss tersebut.

Contoh kasus:

Capital loss, dikurangi dengan kupon harian: 

Capital loss: -Rp100.000

Kupon diterima + harian: Rp50.000

Loss: -Rp50.000

Capital loss, terkompensasi dengan kupon harian:

Capital loss: -Rp100.000

Kupon diterima + harian: Rp150.000

Gain: +Rp50.000

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Sebelum Investasi Obligasi FR

Bagaimana posisi suku bunga saat ini?

Sepanjang 2023, BI sudah menahan suku bunga di level tertinggi. Dengan kondisi perekonomian yang mulai membaik, banyak ekonom yang memproyeksi bahwa BI akan memangkas suku bunga.

Sejak 3 bulan yang lalu, harga FR sudah mulai naik, sebagai contoh obligasi FR0076. Kalau kamu beli 3 bulan lalu dan menjualnya hari ini, maka kamu sudah cuan 4,60% dalam 3 bulan.

Apakah sudah terlambat untuk beli FR sekarang?

Suku bunga belum benar-benar turun sehingga membuka ruang untuk harga FR naik dalam beberapa bulan ke depan. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengunci yield.

Tertarik? Beli Obligasi FR di Bibit!

Info Penting