Investasi Obligasi FR0097 Cocok untuk Dana Pensiun

Salah satu pilihan investasi yang menarik untuk dana pensiun adalah obligasi, yaitu surat utang yang diterbitkan oleh korporasi atau pemerintah dengan jangka waktu tertentu dan menawarkan pendapatan tetap. Salah satu jenis obligasi yang dapat dipertimbangkan untuk investasi dana pensiun adalah Obligasi FR khususnya Obligasi FR0097. Kenapa?

Obligasi FR0097 memiliki kupon 7,125% dan yield (total return) 6,82% (per tanggal xx). Obligasi ini akan jatuh tempo pada  2043 atau 20 tahun lagi. Dengan kupon dan yield yang relatif tinggi serta jangka waktu yang cukup lama, Obligasi FR0097 jadi pilihan menarik untuk kumpulin dana pensiun.

Simulasi Investasi Obligasi FR0097 Sesuai Target Dana Pensiun

Semisal saat ini kamu berusia 35 tahun dan berencana untuk pensiun 20 tahun yang akan datang atau di usia 55 tahun. Kamu bisa menghitung pasti nominal investasi yang bisa kamu simpan di Obligasi FR0097 untuk mengumpulkan dana pensiun sesuai kebutuhanmu. Berikut simulasinya jika FR0097 memiliki yield 6,77%, kupon 7,125% dan harga beli 103,90% per 5 Mei 2023.

Misal kamu punya target dana pensiun Rp1 Miliar, maka modal kamu adalah Rp440 Juta

“The beauty of Obligasi FR”. Dari contoh di atas kamu bisa menghitung pasti nominal yang perlu diinvestasikan sesuai dengan dana pensiun yang ingin kamu kumpulkanKarena sifat Obligasi FR itu fixed rate dan kupon dikirim setiap 6 bulan sekali. 

Berapa Dana Pensiun yang Harus Dikumpulkan? 

Buat kamu yang ingin tahu target dana pensiun sesuai dengan kebutuhanmu dan berapa yang harus diinvestasikan, kamu bisa coba hitung dengan kalkulator dana pensiun Bibit yang bisa kamu download dengan klik di sini!

💡Kesimpulan

Investasi Obligasi FR0097 dapat menjadi pilihan yang menarik untuk mengumpulkan dana pensiun karena jangka waktunya cukup panjang hingga 20 tahun ke depan. Pemerintah juga menjamin pengembalian modal 100% jika dipegang hingga jatuh tempo. 

Writer: Tim CRM

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual reksa dana/produk tertentu.