Jatuh Tempo hingga Puluhan Tahun, Kenapa Obligasi FR Tetap Diminati?

Obligasi FR adalah salah satu instrumen investasi yang diterbitkan Pemerintah Indonesia dengan kupon tetap (fixed rate coupon). Obligasi FR memiliki seri yang berbeda dan setiap seri memiliki nilai kupon dan jatuh tempo yang berbeda juga, bahkan ada yang sampai puluhan tahun.

Contohnya, ada Obligasi FR0097 yang jatuh temponya 15 Juni 2043 atau 20 tahun lagi.

Lantas muncul pertanyaan: Kenapa Obligasi FR masih banyak peminat meskipun jatuh temponya sangat lama? Apakah artinya dana kamu akan tertahan terus hingga jatuh tempo?

Untuk tahu jawabannya, yuk simak penjelasannya di artikel ini!

Imbal Hasil atau Yield Lebih Tinggi

Setiap seri Obligasi FR yang diterbitkan memiliki jatuh tempo beragam mulai dari 5-30 tahun. Dalam kondisi normal, Obligasi FR dengan jatuh tempo lebih panjang umumnya akan memberikan imbal hasil (yield) yang lebih tinggi dibandingkan Obligasi FR dengan jatuh tempo lebih pendek.

Kenapa demikian? Hal ini karena semakin panjang jatuh tempo suatu obligasi, maka akan memiliki risiko lebih tinggi terhadap perubahan suku bunga. Maka sebagai kompensasi, investor ‘diberikan’ yield yang lebih tinggi.

Sebagai gambaran, berikut perbandingan yield Obligasi FR dengan jatuh temponya.

Yield Curve - Obligasi Pemerintah Indonesia

Yield Tinggi Dapat Dikunci Lebih Lama

Ketika membeli Obligasi FR, maka kita dapat mengunci yield yang akan diterima jika memegangnya hingga jatuh tempo. Oleh karena itu, Obligasi FR dengan jatuh tempo panjang otomatis memberikan kepastian return yang relatif tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Ketika yield mencapai level yang menarik bagi investor, maka situasi ini dapat dimanfaatkan untuk mengamankan imbal hasil dari Obligasi FR. Hal ini karena belum tentu di masa mendatang akan mudah untuk mencari yield tinggi dari instrumen yang dianggap minim risiko!

Dapat Dijual Sebelum Jatuh Tempo

Meski memiliki jatuh tempo hingga puluhan tahun, Obligasi FR juga merupakan instrumen yang likuid dan dapat dijual sebelum jatuh tempo. Jadi, jika ada kebutuhan mendesak atau ada instrumen lain yang lebih menarik, maka investor dapat menjual Obligasi FR yang dimiliki.

Fleksibilitas ini menjadikan investor tidak ragu untuk berinvestasi pada Obligasi FR dengan tenor panjang.

Bahkan perhitungan kupon dilakukan setiap hari. Jadi, investor akan tetap mendapatkan hak atas kupon berjalan (accrued interest) jika menjual obligasi FR sebelum tanggal pembagian kupon.

Cocok untuk Investor yang Mengincar Capital Gain

Obligasi FR dengan tenor lebih panjang cenderung lebih sensitif terhadap ekspektasi suku bunga. Ketika ekspektasi suku bunga turun, maka obligasi FR tenor panjang memiliki potensi kenaikan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan obligasi tenor pendek.

Dengan potensi kenaikan harga yang lebih tinggi dan dapat dijual sebelum jatuh tempo, maka obligasi FR tenor panjang menjadi salah pilihan yang menarik bagi tipe investor yang mengincar capital gain.

Aman Dijamin Negara

Terlepas dari jatuh temponya yang pendek hingga panjang, Obligasi FR tetap dapat memberikan keamanan dalam pengembalian investasi. Hal ini karena pengembalian pokok dan pembayaran kupon secara berkala pada Obligasi FR dijamin 100% oleh negara melalui undang-undang.

Investor akan mendapatkan pembayaran kupon setiap 6 bulan hingga jatuh tempo tanpa melihat kondisi ekonomi sedang naik atau turun.

Selain itu, nilai penjaminan pada Obligasi FR tidak memiliki batas maksimum. Hal ini berbeda dengan deposito yang memiliki batas nilai dan tingkat suku bunga penjaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Kesimpulan

Meski memiliki jatuh tempo hingga puluhan tahun, Obligasi FR tenor panjang tetap diminati oleh investor. Hal ini karena Obligasi FR dengan jatuh tempo panjang memiliki berbagai keunggulan seperti:

  • Yield lebih tinggi dan dapat dikunci lebih lama.

  • Dapat dijual kapan saja sebelum jatuh tempo.

  • Perubahan harga cenderung lebih sensitif terhadap perubahan suku bunga, jadi ada potensi capital gain saat tren penurunan suku bunga.

  • Aman gagal bayar karena pemerintah menjamin 100% pengembalian pokok dan pembayaran kupon secara berkala pada obligasi FR.

Berikut ini beberapa produk Obligasi FR jangka panjang yang paling laris di aplikasi BIbit:

*PBS merupakan jenis obligasi pemerintah yang memiliki karakteristik seperti Obligasi FR, hanya saja dikelola secara syariah

Tertarik untuk investasi Obligasi FR yang aman, likuid, dengan kepastian imbal hasil yang bisa dikunci jika dipegang hingga jatuh tempo? Yuk investasi Obligasi FR di Bibit sekarang!

Writer: Investment Research Team

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual produk investasi tertentu.