Kenapa Likuiditas Aset Investasi Penting Bagi Investor?

Ada beberapa faktor yang menjadi penentu bagi investor saat memilih aset untuk investasi. Salah satunya adalah faktor likuiditas atau liquidity. Likuiditas mengacu pada kemampuan suatu aset untuk bisa dijual atau dicairkan dengan cepat.

Aset investasi yang terbilang sangat likuid salah satunya adalah Obligasi FR. Ini karena Obligasi FR bisa dibeli dan dijual kapan saja sebelum waktu jatuh temponya.

Tapi kenapa sih faktor likuiditas dalam aset investasi ini sangat diperhatikan bagi sebagian besar investor?

Ketersediaan Dana untuk Kebutuhan Mendesak

Likuiditas aset penting bagi investor karena kebutuhan akan dana tunai yang cepat dan mudah untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Misalnya, seorang investor dan juga pebisnis membutuhkan dana untuk kebutuhan genting seperti ada aset perusahaan yang mendadak rusak dan harus segera diganti. Aset yang likuid memungkinkan investor memenuhi kebutuhan finansial tanpa mengganggu kelancaran bisnis.

Tidak hanya untuk investor pebisnis, investor ritel (perorangan) juga terkadang membutuhkan dana karena ada keperluan mendesak. Dengan memiliki aset yang likuid, bisa segera dicairkan untuk memenuhi kebutuhannya.

Mengambil Keuntungan dari Capital Gain

Misalnya seperti Obligasi FR yang pergerakannya cenderung naik turun. Saat ini bisa jadi momentum yang baik untuk mengincar capital gain dari Obligasi FR sebelum suku bunga turun.

Berdasarkan polling Reuters terbaru, sebanyak 15 dari 23 ekonom melihat Bank Indonesia (BI) akan mempertahankan suku bunga acuan di level 5,75% hingga akhir tahun. Di sisi lain, riset Citi Indonesia memproyeksikan BI mulai menurunkan suku bunga acuan pada kuartal IV 2023.

Ketika ekspektasi suku bunga telah mencapai puncak atau berpeluang dipangkas, maka harga obligasi berpotensi naik.

Untuk Kesempatan Investasi Lain yang Lebih Menarik

Bisa jadi di tengah-tengah periode sebelum jatuh tempo Obligasi FR, investor melihat peluang aset investasi dengan potensi return lebih menarik. Sehingga memiliki aset yang likuid memudahkan investor untuk memindahkan aset mereka ke aset investasi lain yang dianggap lebih menarik atau memiliki potensi pertumbuhan yang lebih tinggi.

Produk Obligasi FR Paling Laris di Bibit

Obligasi FR: Bisa Dicairkan Kapan Saja Beserta Keuntungan dengan Kupon Berjalan

Seperti yang disebutkan di awal, Obligasi FR bisa dijual kapan saja tanpa harus menunggu jatuh tempo. Selain itu, Obligasi FR juga memberikan keuntungan berupa kupon. 

Meskipun kupon ini dibagikan secara berkala setiap 6 bulan, namun kupon dihitung harian. Jadi investor akan tetap mendapatkan hak atas kupon berjalan (accrued interest) ketika harus menjual obligasi FR sebelum tanggal pembagian kupon. Menarik, kan?

Perlu diketahui, proses pencairan Obligasi FR untuk masuk ke Rekening Dana Nasabah (RDN) maksimal 2-3 hari kerja setelah order penjualan berhasil diverifikasi. 

Baca Juga: Dapat Kupon Setiap Hari dari Obligasi FR, Kok Bisa?

Writer: CRM Team