Dapat Kupon Setiap Hari dari Obligasi FR, Kok Bisa?

Obligasi FR adalah salah satu instrumen investasi yang bisa memberikan kepastian passive income bagi investor karena adanya kupon yang dibagikan secara berkala. Meskipun keuntungan berupa kupon dibagikan setiap 6 bulan atau 2 kali setahun, kamu akan tetap mendapatkan hak atas “accrued interest” ketika harus menjual obligasi FR sebelum jatuh tempo.

Apa Itu Accrued Interest dalam Obligasi FR?

Accrued interest atau kupon berjalan adalah kupon yang harus dibayar oleh pihak pembeli obligasi kepada pihak penjual apabila transaksi terjadi di antara tanggal pembayaran kupon.

Ini artinya, perhitungan kupon obligasi FR sangatlah adil. Pasalnya, jika kamu ingin mencairkan obligasi FR yang kamu punya sebelum jatuh tempo, kamu masih tetap mendapatkan kupon harian sesuai dengan perhitungan yang berlaku.

Kupon ini akan dihitung sesuai dengan berapa hari kamu memegang obligasi FR tersebut. Jadi, setiap hari kamu bisa tetap mendapatkan “reward” dari obligasi FR yang kamu pegang meskipun kamu menjual obligasi FR tersebut sebelum tanggal pembayaran kupon berikutnya.

Padahal untuk deposito di beberapa bank, biasanya kamu bisa tidak mendapatkan bunga deposito apabila kamu mencairkannya sebelum jatuh tempo. Namun, berbeda ketika kamu membeli obligasi FR.

Kamu bisa lihat gambaran dan contoh case study di bawah ini supaya lebih jelas!

Kamu memutuskan untuk membeli obligasi FR0070 dengan nominal sebesar Rp 100 juta pada 19 April 2023. Sama seperti obligasi FR pada umumnya, FR0070 juga membayarkan kupon 2 kali setahun yaitu pada 15 Maret dan 15 September dengan nominal kupon sebesar 8,375% per tahun.

Namun sebelum jatuh tempo dan pembagian kupon pada 15 September, kamu membutuhkan uang tersebut untuk keperluan yang tidak bisa ditunda. Akhirnya, pada 20 Juni 2023, kamu memutuskan untuk menjual obligasi FR senilai Rp100 juta tersebut. Sehingga, kamu akan tetap mendapatkan bagian kupon berjalan sebesar Rp 1.411.000 meskipun kamu hanya memegang obligasi FR tersebut mulai 19 April 2023 sampai 20 Juni 2023. Perhitungan adalah sebagai berikut!

  • Kupon tiap tanggal pembagian (2x per tahun), di mana per 1 unit kepemilikan adalah 8,375% / 2 x Rp1.000.000 = Rp41.875

  • Rentang hari pembagian kupon dimulai pada tanggal 15 Maret 2023 sampai 15 September 2023 adalah 184 hari

  • Rentang hari hold atau lamanya kamu mempunyai obligasi FR tersebut adalah 62 hari

  • Sehingga hak kupon berjalan secara perhitungan adalah (62/184) x Rp41.875 x 100 unit kepemilikan = Rp1.411.000

Pehitungan di atas belum termasuk pajak 10%. Namun, pajak ini masih lebih rendah dibanding dengan pajak deposito perbankan yang besarannya 20%. Tentunya, jika kamu tetap menyimpan Obligasi FR0070 tersebut lebih lama, maka kamu juga berpotensi mendapatkan pembayaran kupon lebih besar lagi. Yang jelas, jumlah kupon yang kamu dapatkan adalah pasti dan kamu bisa menjual   Obligasi FR kapanpun sebelum jatuh tempo.

Selain bisa dapat kupon setiap hari, berikut beberapa alasan kenapa Obligasi FR bisa kamu pertimbangkan sebagai investasi!

  • Kepastian return yang bisa kamu kunci ketika membeli. Investor bisa tahu persis berapa total return pasti yang akan mereka terima. Bukan perkiraan return berdasarkan masa lalu.

  • Dapat diperdagangkan. Bisa dijual kapan saja sebelum jatuh tempo.

  • Passive income setiap 6 bulan. Kupon yang pasti ditransfer ke rekening kamu setiap 6 bulan dari Kementerian Keuangan tanpa peduli kondisi ekonomi naik atau turun.

  • Aman dijamin negara. Instrumen investasi   paling aman karena pembayaran pokok dan kuponnya 100% dijamin oleh negara Indonesia. Tidak mempunyai resiko gagal bayar.

  • Yield lebih besar dari deposito. Diversifikasi investasi kamu dan dapatkan yield yang lebih tinggi dibandingkan deposito dan tabungan bank.

  • Harga lebih kompetitif di Bibit. Harga beli lebih rendah, harga jual lebih tinggi, spread lebih rendah di Bibit. Tanpa dikenakan biaya tersembunyi.

Jadi, sudah siap  investasi di Obligasi FR? Yuk, investasi   Obligasi FR sekarang!

Writer: Tim Edukasi

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual reksa dana/produk tertentu.