Teruntuk Investor yang Terus Mengalami Loss, Kenali Investasi yang Satu Ini

Banyak yang mempercayai bahwa instrumen investasi yang tinggi risiko dapat mencetak return atau imbal hasil yang tinggi. Contohnya saja seperti saham. Tak jarang kita mendengar ada yang mendapat keuntungan belasan hingga puluhan persen dari investasi di saham. 

Tingginya keuntungan yang bisa dihasilkan dari investasi saham memang menjadi daya tarik tersendiri. Namun yang banyak orang tidak sadari adalah butuh kerja keras, waktu, dan skill yang handal untuk dapat menganalisis pasar serta kinerja saham. 

Terlebih ada ratusan saham yang bisa menjadi pilihan. Tentu butuh analisis mendalam untuk bisa memilih saham apa saja yang cocok untuk portofoliomu dan berpotensi memberikan keuntungan.

Hal tersebut tidak mudah. Mungkin banyak juga yang pada akhirnya terus merugi (loss). Apakah kamu juga pernah mengalaminya? Tapi jangan sampai ‘kapok’ dan tidak ingin investasi lagi. Kamu bisa coba melirik instrumen investasi lain yang lebih rendah risiko dengan return yang tetap menarik, yaitu Obligasi Negara Fixed Rate (FR).

Kenapa Obligasi Negara FR?

Obligasi Fixed Rate (FR) merupakan obligasi yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dalam mata uang  rupiah. Sesuai namanya fixed rate, keuntungan FR adalah kupon yang diberikan secara rutin bersifat tetap hingga jatuh tempo. Obligasi FR ini aman karena dijamin negara dalam Undang-Undang No.24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara.

Obligasi FR diterbitkan dengan seri berbeda-beda. Contohnya, FR seri FR0086, FR0070, FR0097, dan lainnya. Tiap seri FR memiliki nilai kupon dan jatuh tempo yang berbeda. FR0070 misalnya, memiliki kupon sebesar 8,375%  dan jatuh tempo di 15 Maret 2024.

Sama seperti saham, obligasi FR juga diperdagangkan. Obligasi FR dapat diperjualbelikan investor ritel kapan saja melalui pasar sekunder. Jadi obligasi FR juga merupakan instrumen yang likuid.

Bagaimana dengan Return Obligasi FR dan Saham?

Untuk mengetahui return atau imbal hasil dari obligasi FR, kita bisa melihatnya dari benchmark Indonesia Government Bond Total Return Index (IBPA). Berikut ini adalah gambaran total return obligasi (IBPA) dan saham (dari Indeks Harga Saham Gabungan/IHSG) dalam 10 tahun terakhir. 

Dari grafik di atas, return obligasi ternyata lebih tinggi dari return saham dalam 10 tahun terakhir. CAGR (return rata-rata per tahun) obligasi sebesar 6,72% dalam 10 tahun terakhir, unggul dari saham dengan CAGR sebesar 6,46%. Hal ini membuktikan bahwa performa obligasi juga tak kalah menarik dari saham.

Sebagai catatan, return dalam Obligasi FR disebut sebagai yield bukan kupon. Yield obligasi memperhitungkan kupon serta harga beli FR di pasar sekunder. Yang menariknya lagi, persentase angka yield menjadi nilai return yang pasti jika kamu memegang Obligasi FR hingga jatuh tempo. Jadi dengan investasi di Obligasi FR, kamu bisa mendapatkan kepastian imbal hasil!

Baca Juga: Kepastian Return dari Obligasi FR di Tengah Fluktuasi Market

Kupon di Obligasi FR vs Dividen di Saham

Ketika investasi di saham, banyak investor yang mengharapkan adanya tambahan cash flow dari dividen alias pembagian laba perusahaan kepada pemegang saham. Tapi perlu dipahami bahwa tidak semua perusahaan membagikan dividen. Selain itu, jumlah dividen yang dibagikan juga bisa berubah sesuai dengan keputusan perusahaan. 

Berbeda dengan obligasi FR, di mana cash flow berupa kupon memiliki nilai yang pasti (fixed rate) yang dibagikan berkala setiap 6 bulan. Jadi cash flow yang diterima dari obligasi FR juga sudah pasti. Pun jika kamu menjual FR sebelum pembagian kupon tiap 6 bulan, kamu tetap berhak mendapatkan kupon. Ini karena kupon obligasi FR dihitung setiap hari (accrued interest).

Harga Obligasi FR dan Saham

Harga Obligasi FR dan saham pada dasarnya memang fluktuatif atau naik-turun karena mengikuti permintaan dan penawaran di pasar. Kita tidak dapat mengetahui secara pasti kapan harganya akan naik atau turun. 

Namun perlu diingat di Obligasi FR, harganya pasti akan kembali ke harga semula atau harga par di 100% saat jatuh tempo. Jadi tidak perlu khawatir dengan harga naik-turun harga Obligasi FR jika kamu memegangnya hingga jatuh tempo! 

Likuiditas Aset Investasi 

Jika dilihat dari jatuh temponya, Obligasi FR memang memiliki tenor yang cukup panjang hingga puluhan tahun. Contohnya saja seperti FR0097 yang jatuh tempo 15 Juni 2043. Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya, Obligasi FR bisa kapan saja diperdagangkan di pasar sekunder. Kamu tidak perlu menunggu hingga jatuh tempo untuk bisa mencairkannya. 

Jadi baik saham dan Obligasi FR merupakan instrumen investasi yang mudah dicairkan (likuid) karena bisa diperjualbelikan kapanpun. 

Kesimpulan

Obligasi FR bisa menjadi alternatif pilihan diversifikasi investasi yang secara historis memiliki imbal hasil atau yield yang tidak kalah menarik dengan instrumen saham. Dengan nilai return yang pasti jika dipegang hingga jatuh tempo serta relatif rendah risiko, Obligasi FR bisa menjadi instrumen untuk membantu menjaga nilai aset dalam portofolio!

Berminat investasi di Obligasi FR? Kamu bisa langsung membeli Obligasi FR lewat Aplikasi Bibit sekarang! Saat kamu membeli FR melalui Bibit, dana yang diinvestasikan akan tercatat atas namamu dan tidak akan tercampur dengan aset Bibit. Kamu bisa cek langsung datanya di akun KSEI-mu.

Lewat Aplikasi Bibit, ada berbagai seri FR yang bisa menjadi pilihan. Bibit juga menawarkan harga yang kompetitif dan tanpa biaya tersembunyi. Langsung cek aplikasi Bibit di gadget-mu dan investasi di obligasi FR sekarang.

Writer: Tim Edukasi

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual reksa dana/produk tertentu.