Simpan Dana Nganggur di Obligasi FR Biar Lebih Cuan

Punya dana nganggur untuk jangka waktu 1 tahun ke depan? Kamu bisa menginvestasikan dana tersebut di Obligasi Fixed Rate (FR) karena berpotensi memberikan yield lebih tinggi dibandingkan bank deposito dan tabungan bank. 

Obligasi FR merupakan investasi yang aman dijamin negara yang memiliki yield atau kepastian return. Hal ini membuat Obligasi FR menjadi alternatif yang lebih baik dari deposito untuk menyimpan dana nganggur (idle fund).

Pasalnya, rata-rata bank deposito bank BUMN hanya 3% per tahun dan bunga tabungan di bank hanya sekitar 1% per tahun saat ini. Sementara, yield Obligasi FR tembus 5% per tahun saat ini. 

Ada beberapa pilihan Obligasi FR di aplikasi Bibit saat ini. Salah satunya FR077 yang jatuh tempo tahun depan, yakni 15 Mei 2024. 

LPS Hanya Menjamin Rp2 millar dari Investasi di Deposito

Investasi di deposito juga dijamin oleh negara melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Namun, kamu harus ingat bahwa dana yang dijamin hanya Rp2 miliar.

Selain itu, bunga deposito yang dijamin LPS untuk bank umum hanya 4,25% untuk deposito berdenominasi rupiah dan 2,25% untuk deposito berdenominasi dolar AS. Lalu, LPS hanya menjamin bunga deposito Bank Perkreditan Rakyat (BPR) 6,75% untuk deposito berdenominasi rupiah. 

Berbeda dengan Obligasi FR yang dijamin negara 100%. Artinya, jika investasi Rp20 miliar, maka yang dijamin oleh negara adalah Rp20 miliar. Kemudian, negara juga menjamin berapapun yield Obligasi FR. 

Alasan Obligasi FR Menarik Saat Ini

Berdasarkan polling Reuters terbaru, sebanyak 15 dari 23 ekonom melihat BI akan mempertahankan suku bunga acuan di level 5,75% hingga akhir tahun. Sementara, riset Citi Indonesia memproyeksikan BI mulai menurunkan suku bunga acuan pada kuartal IV 2023.

Ketika ada ekspektasi suku bunga telah mencapai puncak atau berpeluang dipangkas, maka harga obligasi berpotensi naik. Ini merupakan saat yang tepat untuk mengoleksi obligasi, salah satunya Obligasi FR.

Lalu, kenapa harus investasi Obligasi FR di Bibit?

1. Aman Dijamin Negara

Instrumen investasi teraman karena pembayaran pokok dan kuponnya 100% dijamin oleh negara Indonesia.

2. Bisa Diperdagangkan Kapan Saja

Obligasi FR dapat dijual sebelum jatuh tempo.

3. Harga Lebih Kompetitif

Harga beli lebih rendah, harga jual lebih tinggi, spread lebih rendah di Bibit. Tanpa biaya tersembunyi.

4. Pembelian Menggunakan RDN

Satu metode pembayaran untuk investasi di Obligasi FR, Reksa Dana, dan Saham.

5. Diversifikasi dalam Satu Aplikasi

Selain Obligasi FR, kamu juga bisa investasi Reksa Dana, SBN, dan Saham tanpa pindah aplikasi.

Seri Obligasi FR Apa Saja yang Bisa Dibeli di Bibit?

Tunggu apa lagi? Mumpung momentumnya tepat, lebih aman dan 100% dana investasi dijamin negara, investasi Obligasi FR sekarang!

Writer: Tim CRM