Obligasi FR untuk Investasi Jangka Pendek? Bisa!

Obligasi FR umumnya dikenal sebagai instrumen investasi jangka panjang karena tenor bisa mencapai 30 tahun. Namun dalam perdagangan di pasar sekunder, ada juga seri FR yang ditawarkan dengan tenor pendek (<1 tahun), karena telah mendekati tanggal jatuh tempo. 

Lalu apa yang membuat instrumen ini menarik untuk jangka pendek? Bagaimana jika dibandingkan dengan instrumen lainnya? 

Alasan Obligasi FR Menarik untuk Investasi Jangka Pendek

  • Aman Dijamin Negara 

    Pengembalian modal dan pembayaran kupon 100% dijamin oleh negara melalui undang-undang. Investor akan tetap mendapatkan imbal hasil tanpa perlu mengkhawatirkan kondisi ekonomi naik atau turun.

  • Likuid 

    Obligasi FR bersifat likuid dan dapat dijual sebelum jatuh tempo. Hal ini memberikan fleksibilitas bagi investor untuk dapat segera mencairkan dananya ketika diperlukan.

  • Ada Kepastian Return 

    Ketika melakukan pembelian Obligasi FR, maka investor secara otomatis telah mengunci imbal hasil yang akan diterima hingga jatuh tempo. Dengan memiliki Obligasi FR yang jatuh tempo kurang dari 1 tahun, investor bisa mengetahui return yang akan didapat.

  • Imbal hasil yang Menarik 

    Jika dibandingkan dengan instrumen jangka pendek lain seperti deposito, Obligasi FR menawarkan imbal hasil yang lebih menarik. 

    • Sebagai gambaran: Obligasi FR tenor pendek yang tersedia di Bibit memiliki yield antara 5,87%–6,00%. Di sisi lain, deposito pada Bank BUMN hanya menawarkan bunga sebesar 2,5%–3% (data per 6 Oktober 2023).

Obligasi FR dan Deposito, Pilih Mana?

Selain menawarkan tingkat imbal hasil yang lebih menarik, obligasi FR dan Deposito memiliki beberapa perbedaan karakteristik sebagai berikut:

Dari tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa Obligasi FR memiliki berbagai keunggulan lain dibandingkan deposito:

✅Minimum investasi lebih terjangkau 

✅Tidak ada maksimal nilai penjaminan

✅Tarif pajak lebih rendah

✅Tidak ada penalti jika dijual sebelum jatuh tempo

Cara Memilih Obligasi FR Jangka Pendek

Dalam memilih seri Obligasi FR untuk investasi jangka pendek, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan investor, yaitu:

  • Yield: Semakin tinggi yield yang dapat kamu kunci, maka akan semakin besar pula imbal hasil investasi kamu.

  • Jatuh Tempo: Semakin pendek tanggal jatuh tempo obligasi FR, maka investor dapat menikmati yield dalam waktu yang lebih singkat.

Beberapa Seri Obligasi FR dan FR Syariah Jangka Pendek di Bibit

Data per 9 Oktober 2023, jam market 10.30-14.00 WIB

*Performa adalah capital gain ditambah kupon

**Yield merupakan kepastian return jika obligasi dipegang hingga jatuh tempo PBS mirip dengan Obligasi FR, hanya saja dikelola secara syariah

Writer: Investment Research Team

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual reksa dana/produk tertentu.