Berapa Lama Uang Rp1 Miliar Bisa Jadi Rp2 Miliar? Pahami Trik ini!

Di tengah kondisi market yang fluktuatif, Obligasi FR jadi instrumen investasi yang bisa memberikan return pasti! Ini karena investor bisa mengunci yield, yaitu imbal hasil yang diterima jika memegang Obligasi FR hingga jatuh tempo.

Lalu pertanyaan selanjutnya: dengan imbal hasil yang pasti, berapa lama waktu yang dibutuhkan agar nilai investasi berkembang hingga dua kali lipat? 

Gunakan Rumus Rule of 72 

Rule of 72 adalah konsep yang sederhana namun populer di dunia investasi. Untuk mengetahui estimasi berapa tahun nilai investasi akan naik 2x lipat, caranya masukkan angka 72 dan dibagi dengan tingkat return investasi. 

Obligasi FR Jangka Panjang dengan Yield Tertinggi

Simulasi Melipatgandakan Investasi

Obligasi FR0083 memiliki yield 7,09% per 12 Oktober 2023. Maka jika dihitung dengan rumus:

Artinya, jika kamu menginvestasikan dana sejumlah Rp1 miliar, maka nilai investasi kamu akan tumbuh 2x lipat menjadi Rp2 miliar dalam waktu sekitar 10,15 tahun (sekitar 10 tahun 1 bulan).

Namun jika kamu pegang hingga jatuh tempo, kamu akan tetap mendapatkan kepastian return dan dana investasi makin bertumbuh menjadi Rp2,1 miliar. Berikut simulasinya!

Data per 12 Oktober 2023

📝Catatan Penting:

  • Untuk mendapatkan yield yang pasti dan konsisten, kamu harus memegang obligasi FR hingga jatuh tempo.

  • Butuh waktu tidak sebentar untuk melipatgandakan nilai investasi. Investor yang ingin nilai investasinya tumbuh konsisten dapat memilih Obligasi FR dengan tenor panjang (> 5 tahun).

Baca Juga: Jatuh Tempo hingga Puluhan Tahun, Kenapa Obligasi FR Tetap Diminati?

Writer: Investment Research Team

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual produk investasi tertentu.