Obligasi FR: Investasi Terbaik untuk Jangka Panjang?

Obligasi FR cukup identik sebagai pilihan instrumen investasi untuk jangka panjang, karena jatuh temponya yang bervariasi bahkan hingga 30 tahun.

Lantas apa saja yang menjadi keunggulan Obligasi FR sebagai investasi jangka panjang? Lalu bagaimana cara memilih seri Obligasi FR yang cocok untuk tujuan investasi kamu? 

Keunggulan Obligasi FR untuk Investasi Jangka Panjang

  • Imbal Hasil Dapat Dikunci untuk Jangka Panjang
    Ketika melakukan pembelian Obligasi FR, maka secara otomatis investor telah mengunci yield jika memegangnya hingga jatuh tempo. Tingkat yield yang menarik seperti saat ini dapat dimanfaatkan untuk mengamankan imbal hasil dalam jangka panjang.

  • Potensi Capital Gain

    Obligasi FR bisa mencatatkan pertumbuhan nilai dalam jangka panjang melalui kenaikan harga (capital gain). Jadi investor bisa mendapat keuntungan lain selain dari kupon yang diterima tiap 6 bulan.

  • Likuid: Dapat Dijual Sebelum Jatuh Tempo

    Obligasi FR jadi instrumen yang fleksibel dan likuid karena dapat dijual sebelum jatuh tempo. Jadi saat ada kebutuhan mendesak atau ada pilihan instrumen lain yang lebih menarik, maka investor dapat menjual Obligasi FR yang dimiliki.

  • Aman Dijamin Negara 

    Pengembalian pokok dan kupon atas Obligasi FR dijamin 100% oleh negara melalui undang-undang. Investor akan mendapatkan pembayaran kupon setiap 6 bulan hingga jatuh tempo tanpa melihat kondisi ekonomi sedang naik atau turun. 

Tips Memilih Seri Obligasi FR

  • Tentukan Tujuan Investasi
    Investor bisa menentukan tujuan investasi terlebih dahulu sebelum investasi di Obligasi FR. Misalnya untuk: dana pensiun, pendidikan, atau tujuan lainnya. Setelah mengetahui tujuan investasi, maka investor bisa mencari Obligasi FR yang disesuaikan dengan jangka waktu investasi dan jatuh temponya.

  • Pahami Karakteristik Obligasi FR

    Contoh: pergerakan harga Obligasi FR memiliki hubungan terbalik dengan ekspektasi tingkat suku bunga. Memahami hal ini bisa membantu investor mengambil keputusan bijak terkait waktu kapan jual atau beli Obligasi FR sesuai kebutuhan investasi.

  • Bandingkan Antar Seri Obligasi FR

    Kamu bisa membandingkan berbagai seri Obligasi FR dari berbagai aspek, seperti: tingkat kupon, jatuh tempo, dan yield. Dengan begitu, investor dapat menentukan seri Obligasi FR yang paling sesuai dengan kebutuhan investasi.

  • Kenali Profil Risiko

    • Profil risiko konservatif: Obligasi FR bisa menjadi pilihan jika dipegang hingga jatuh tempo, karena yield tidak akan berubah dan kamu akan pasti mendapatkan kupon.

    • Profil risiko moderat: Obligasi FR memiliki risiko pasar di mana pergerakan harga cenderung fluktuatif. Ada potensi capital gain jika kamu menjual Obligasi FR dengan harga lebih tinggi dari harga beli. 

Perlu diperhatikan bahwa Obligasi FR juga memiliki risiko wanprestasi (default), yakni ketika penerbit obligasi mengalami gagal bayar. Namun tak perlu khawatir, karena secara historis Pemerintah Indonesia tidak pernah mengalami gagal bayar meskipun di tengah kondisi krisis ekonomi.

Seri Obligasi FR dengan Yield Tinggi Saat ini

Writer: Investment Research Team

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual reksa dana/produk tertentu.