Yield Naik Sentuh 6,92%! Cek Tujuan Investasi yang Cocok untuk Obligasi FR

Dalam beberapa waktu terakhir, yield Obligasi FR tenor menengah dan panjang mengalami kenaikan yang cukup signifikan di 3 bulan terakhir, bahkan menyentuh level 6,9%. 

Obligasi Fixed Rate (FR) yang sering disebut sebagai instrumen paling aman karena dijamin negara melalui undang-undang. Dengan angka kupon dan tenor yang sangat beragam hingga puluhan tahun, kira-kira Obligasi FR cocok untuk tujuan investasi seperti apa?

  1. Melindungi Modal dari Inflasi

    Investasi Obligasi FR juga cocok bagi kamu yang memiliki tujuan investasi lebih defensif atau melindungi modal (capital preservation) dari risiko penurunan nilai. Ini karena pengembalian modal serta kuponnya dijamin oleh undang-undang, maka kecil kemungkinan nilai investasi kamu akan berkurang jika memegang hingga jatuh tempo. 
    Tingkat kupon Obligasi FR juga umumnya akan mengikuti suku bunga acuan pada saat penerbitan. Kebijakan suku bunga sendiri biasanya akan menyesuaikan dengan tingkat inflasi. Karena itu, investasi pada Obligasi FR dapat menjadi sarana lindung nilai dari ancaman inflasi.

  2. Mengincar Capital Gain

    Obligasi FR dapat diperjualbelikan sebelum jatuh tempo. Karena itu, Obligasi FR juga memiliki potensi menghasilkan capital gain apabila investor menjual di harga yang lebih tinggi dari harga beli. Sehingga, total keuntungan yang didapat investor dari Obligasi FR dapat berasal dari 2 sumber, yaitu kupon dan capital gain.

    Perlu diingat bahwa keuntungan dari capital gain bersifat tidak pasti karena akan mengikuti perubahan harga di pasar. Tapi tak perlu khawatir jika harga obligasi turun di bawah harga beli, kamu tetap memiliki kepastian dari kupon sambil menunggu harga naik.

  3. Membangun Passive Income yang Stabil

    Sesuai dengan namanya, Obligasi FR memberikan return berupa kupon dengan tingkat tetap (fixed rate) yang dibagikan setiap 6 bulan hingga jatuh tempo. Hal ini membuat Obligasi FR sangat ideal untuk dijadikan sumber passive income. 

    Selain itu, pembayaran kupon yang stabil juga dijamin oleh negara melalui undang-undang. Ini artinya, kupon akan tetap dibayarkan tanpa perlu khawatir dengan kondisi ekonomi yang naik-turun.

  4. Diversifikasi Portofolio

    Salah satu cara untuk mengelola risiko dalam berinvestasi adalah dengan melakukan diversifikasi. Seorang investor dapat memadukan instrumen investasi yang memiliki risiko lebih tinggi seperti saham dengan instrumen yang berisiko lebih rendah seperti Obligasi FR. Diversifikasi akan meminimalisasi tingkat kerugian apabila salah satu aset mengalami penurunan nilai yang dalam. 

Berikut ini performa beberapa seri Obligasi FR yang ada di Bibit: 

Sekarang kamu sudah tahu berbagai kondisi dan tujuan apa saja yang cocok untuk berinvestasi di Obligasi FR. Apakah salah satu tujuan investasi di atas cocok dengan kamu? Segera investasi Obligasi FR dengan mengaktifkan fitur Bibit Plus!

Writer: Investment Research Team

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual reksa dana/produk tertentu.