Obligasi FR dan Reksa Dana Obligasi: Mana yang Jadi Pilihan Menguntungkan?

Beberapa aset investasi populer yang berbasis obligasi adalah Obligasi FR dan juga Reksa Dana Obligasi. Aset obligasi dalam setahun terakhir memang sudah mencetak performa yang ciamik, dengan performa Obligasi FR hingga 16% dan Reksa Dana Obligasi hingga 11%.

Lalu dari kedua aset berbasis obligasi ini, mana yang bisa jadi pilihan untuk investasimu? Ada 2 faktor yang bisa jadi pertimbangan. Baca penjelasannya berikut ini!

Return atau Imbal Hasil 

Reksa Dana Obligasi memiliki performa return  berupa capital gain dari kenaikan harga Nilai Aktiva Bersih (NAB). Namun return ini hanya bisa dilihat secara historis, misalnya YTD, 1 Tahun, hingga 5 tahun. 

Obligasi FR juga memiliki performa secara historis yang merupakan hasil dari capital gain ditambah kupon.

Namun hal yang istimewa dari Obligasi FR adalah adanya kepastian return di masa depan dalam bentuk yield. Yield merupakan keuntungan per tahun sesungguhnya, setelah menghitung harga beli dan kupon, yang diperoleh jika memegang Obligasi FR hingga jatuh tempo. 

Jadi investor bisa leluasa untuk memutuskan return yang didapat, ada kepastian return yang bisa dipegang hingga jatuh tempo dan investor yang punya kendali kapan ingin mengunci yield.

Kupon 

Obligasi biasanya memberi keuntungan dalam bentuk kupon (bunga). Namun di produk Reksa Dana Obligasi seperti di aplikasi Bibit, kupon akan masuk dan tercermin di harga NAB. 

Di sisi lain, Obligasi FR memberikan kupon tetap (fixed coupon) setiap 6 bulan hingga jatuh tempo. Jadi Obligasi FR ini juga cocok untuk kamu yang mencari passive income atau cash flow yang rutin. Tidak peduli kondisi ekonomi naik atau turun.

Kupon Obligasi FR ini juga dijamin pemerintah melalui undang-undang. Jadi kupon ini pasti akan masuk ke rekeningmu selama kamu memegang Obligasi FR. 

Lalu Mana yang Jadi Pilihan, Obligasi FR atau Reksa Dana Obligasi?

Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan investasimu 

Obligasi FR: 

  • Bisa dapat kupon rutin 6 bulan sekali untuk jadi sumber passive income

  • Bisa kunci return (yield) yang pasti jika memegang hingga jatuh tempo

  • Bisa menentukan keputusan sendiri: 

    • Ketika harga jual lebih tinggi dari harga beli, kamu bisa menjual Obligasi FR untuk mendapat capital gain. 

    • Jika harga jual lebih rendah, kamu bisa tetap hold Obligasi FR dan terus mendapatkan kupon berkala sambil menunggu momentum harga naik.

Berikut ini performa Obligasi FR di Bibit 

Reksa Dana Obligasi

  • Dikelola Manajer Investasi profesional, jadi tidak perlu repot analisis mendalam.

  • Bebas pajak, return yang diterima sudah nett.

  • Diversifikasi investasi, sebab dalam satu produk Reksa Dana Obligasi terdiri dari berbagai macam jenis obligasi yang sudah diseleksi oleh MI. 

Berikut ini kinerja beberapa produk Reksa Dana Obligasi di Bibit

Writer: CRM Team

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual reksa dana/produk tertentu.