Microsoft Jepang Membuktikan Kerja 4 Hari Itu Lebih Produktif, Lho!

Microsoft Jepang Membuktikan Kerja 4 Hari Itu Lebih Produktif, Lho!.jpg

Efektivitas kerja diberbagai negara memang berbeda-beda. Di Indonesia kerja 5 hari itu udah paling produktif. Berbeda di negeri Sakura. Microsoft Jepang bikin eksperimen selama satu bulan untuk membuktikan 4 hari kerja dalam satu minggu itu apakah karyawannya lebih produktif atau justru bikin kerjaan berantakan? 

Uji coba 2300 karyawannya dilakuin dari bulan Agustus lewat program Work Life Choice Challenge, di mana selama satu bulan hanya 16 hari kerja dan libur kerja bisa sampai 12 hari. Ternyata Microsoft mencatat naiknya produktivitas karyawannya hampir 40%, lho. Hal ini dilihat dari penjualan per karyawan, naik 39,9% dibandingkan bulan sebelumnya. Nah, ternyata produktivitas ini berpengaruh ke berbagai  faktor lainnya. Seperti, penurunan biaya listrik sampai 23,1% dari penggunaan sebelumnya. 

Nah, selain itu, eksperimen ini juga punya tujuan buat promosi waktu kerja yang lebih sehat lagi, Sob. Tercatat sekitar 92,1% karyawannya lebih bebas dari stress karena deadline kerja. Positifnya lebih sedikit masalah kesehatan kerja dan bahkan bisa ngurangin biaya perawatan kesehatan.

Menurut Presiden dan CEO Microsoft Jepang Takuya Hirano “Saya ingin karyawan memikirkan dan mengalami bagaimana mereka dapat mencapai hasil yang sama dengan waktu kerja 20 persen lebih sedikit,”. Kenyataannya itu terbukti dalam eksperimen ini. Wah, patut dicontoh nih. Menurut kamu gimana Sob, kalau kantor tempat kamu kerja bisa kaya gini?