Permainan Arisan 'Sosialita Manja', Mau Untung, Malah Buntung!

Kabar penipuan kembali muncul lagi, kali ini kasus arisan ‘sosialita manja’ berkedok pinjaman online di Makassar. "Arisan ini sebenarnya bukan seperti arisan biasa, tapi mirip pinjaman online dimana peserta urunan memberikan pinjaman yang ditawarkan tersangka dengan janji bunga besar”, seperti kutipan dari portal berita Detik News. Pelakunya sendiri berinisial W dan K, bahkan kedua pelakunya ini menipu korbannya sampai 10 Miliar.

Adanya Grup Facebook dan WhatsApp arisan ‘sosialita manja’ ini dari tahun 2017 lalu, tersebar dengan cantiknya di kalangan sosialita di Makassar sampai berhasil mengumpulkan 152 anggota. Mungkin dari kalian bertanya-tanya, kenapa mereka bisa percaya? Karena para korban diiming-imingi return 15% dalam waktu 20 hari. Siapa yang nggak tergiur?

"Pertama dia membayarkan. Misalnya si A, dia menyetorkan Rp 50 Juta. Bulan berikutnya dia memberikan (modal plus keuntungan), tapi hanya sekali”. Di sini mulai terkuak lah arisan ini cuma penipuan dan hasil uang mereka hanya dipakai untuk gaya hidup para pelaku. "Yang pasti (buat) makan, kemudian belanja baju segala macam”, kata Dirkrimsus Polda Sulsel Kombes Augustinus B Pangaribuan. Sekarang kedua tersangka ini dijerat polisi dengan Pasal 45 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perbankan Juncto Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE.

Kamu nggak mau kan investasiin uang kamu di tempat yang salah? 3 hal yang perlu kamu pastiin sebelum mulai investasi:

Jangan Percaya Return Tinggi

Prinsip awal investasi itu semakin besar jumlah uang kamu investasikan, semakin besar juga risikonya. Jadi kalau ada yang menawarkan return tinggi tanpa resiko, itu patut kamu curigai. Hal yang harus kamu lakukan adalah mengatur modal investasi kamu sesuai profil risiko. Di aplikasi Bibit fitur Robo Advisor akan membantumu memilih investasi reksadana yang tepat dari portfolio kamu.

Cek Legalitas di OJK

Di Indonesia sebenarnya sudah ada lembaga yang mengurus perizinan masalah keuangan, baik itu pinjaman online sampai investasi reksadana yaitu OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Kamu bisa cross check lagi kelegalitasannya, jangan mudah percaya, sebaiknya investasikan uangmu di Bibit yang sudah terdaftar dan berizin OJK.

Lihat Lagi Pengelolaan Dana Investasinya

Kalau kamu dijanjiin return 15% dalam 20 hari, kamu harus pastiin dulu apakah bisnis yang ada didalam investasi itu benar menghasilkan return yang sama dengan keuntungan bisnis itu atau justru lebih? Kalau dananya cuma dari arisan tentu keuntungannya nggak jelas sumbernya karena ini bukan termasuk bisnis, tapi hanya pinjam-meminjam saja. Sebaiknya, kamu lihat lagi pengelolaan dananya sebelum mulai investasi, ya!

Investasi itu yang pasti-pasti aja, di aplikasi Bibit.id kamu bisa dibantu Robo Advisor buat nentuin jenis investasi sesuai profil risiko kamu dan lebih aman karena sudah terdaftar dari OJK. Yuk mulai investasi sekarang.