Cara Pensiun Dini Ala Raditya Dika

Cara Pensiun Dini Ala Raditya Dika.png

Siapa sih yang nggak kenal Raditya Dika? Raditya Dika merupakan Influencer, youtuber, penulis, sutradara & aktor. Raditya Dika mulai banyak dikenal ketika karya pertamanya berjudul Kambing Jantan : Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh (2005)  menjadi best seller hingga saat ini.

Pada tahun 2005, Raditya Dika mendapatkan royalti dari karya pertamanya. Sejak saat itu Radit memutuskan untuk menjadikan menulis sebagai sumber penghasilannya. Namun permasalahannya, Radit menyadari menjadi seniman rentan terhadap masa tua yang tidak pasti, sedangkan Radit memiliki keinginan untuk pensiun di usia 40 tahun. Menyadari hal tersebut raditya dika mulai  mempelajari tentang kebebasan finansial dengan cara berinvestasi Reksa Dana Saham.

Raditya Dika membagikan pengalamannya dalam berinvestasi Reksa Dana Saham, Ia mengatakan pertama-tama penting untuk menentukan tujuan, kemudian mengetahui cara dan menghitung berapa uang yang di perlukan untuk bisa pensiun dan memiliki kebebasan finansial di usia 40 tahun.

Radit juga memberikan simulasi investasi yang dia jalani sebagai berikut :

simulasi+invetasi.jpg

Jika kita ingin memiliki tabungan pensiun sebesar 3 Milyar di usia 40 tahun. Diasumsikan usia saat ini adalah 25 tahun dan target usia pensiun adalah 40 tahun, berarti waktu untuk mencapai target tersebut adalah 15 tahun. Asumsi rata-rata return Reksa Dana Saham 15%/tahun, Radit memberikan contoh jika dia menabung rutin sebesar Rp 6.300.000 selama 15 tahun.

Dalam hal ini Raditya dika mengunakan strategi Dollar Cost Averaging (DCA) atau membeli dengan cara di cicil, biasanya melakukan top up rutin dengan jumlah yang sama pada priode tertentu misalnya bulanan. Simulasi lengkapnya bisa lihat di gambar di atas.

Gimana kamu mau pensiun di usia berapa ? Yuk hitung pengeluaranmu dan coba hitung juga berapa banyak uang yang harus tersedia di akun investasimu untuk mencapai target pensiun. Yuk mulai rutin nabung reksa dana sekarang via aplikasi Bibit

“Share artikel ini jika menurut kamu bermanfaat dan ajak teman kamu yang masih belum melek finansial untuk tumbuh bersama bibit :)