Langkah Finansial Terbaik yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Bangun Tidur

kinga-cichewicz-402025-unsplash.jpg

Hal apa sih yang biasa kamu lakukan setelah bangun tidur? Tidur-tiduran sambil scrolling sosial media kamu? Atau pencet tombol snooze alarm kamu?

Kamu tahu nggak sih, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan setelah bangun tidur untuk memperbaiki kualitas finansial kamu!

Berikut adalah langkah finansial terbaik yang bisa kamu lakukan sesaat setelah bangun tidur;

Cek laporan rekening

Bangun tidur ku terus mandi? Tidak lupa ngecek rekening! Cek laporan rekening mungkin memang jarang dilakukan orang-orang. Kamu bisa lakukan hal ini untuk menghindari penggunaan berlebihan saat menjalani hari-hari kamu.

Cek rekening juga sebagai pengingat untuk mengatur pengeluaran agar kamu tidak boros dan uang kamu cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga tanggal gajian tiba.

Membuat tabungan otomatis

John Friedman melakukan penelitian di Denmark menemukan bahwa perencanaan tabungan otomatis lebih efektif untuk simpanan pensiun.

Mengatur tabungan otomatis dan menyisihkan sedikit uangmu setiap bulan berdampak besar untuk masa depanmu. Kamu bisa membuka beberapa rekening dan memberi nama khusus untuk tiap tabunganmu agar lebih semangat dalam menabung.

Membandingkan harga sebelum membeli sesuatu

Toko online membuat kamu lebih mudah dalam membeli apapun, termasuk hal yang bahkan nggak kamu butuhkan. Masih dari penelitian John Friedman, Ia membuktikan belanja terkadang hanya memenuhi kepuasan diri yang berakhir dengan pembelian impulsif.

Sebaiknya, mulailah survey di beberapa toko online, ini bisa kamu lakukan tepat diatas kasur kamu. Survey dilakukan untuk mencari harga yang terbaik, sambil mempertimbangkan apakah kamu benar-benar membutuhkan barang itu. Bahkan, mungkin setelah survey kamu malah mengurungkan niat membeli barang tersebut. Setelah menemukan harga terbaik, kamu bisa lebih berhemat lagi dengan menggunakan kupon belanja.

Belanja bahan dan buat makanan sendiri

Membuat perencanaan belanja bahan makanan akan membuatmu berhemat. Kamu bisa membuat makanan kamu sendiri, nggak perlu lagi beli makanan di kantin, dan bahkan lebih sehat. Atur juga kebutuhan konsumsi protein agar kamu punya banyak tenaga saat bekerja.

Jangan lupa, sebelum berbelanja, buatlah daftar belanja yang sesuai dengan anggaran dan pastikan beli bahan makanan yang kamu suka. Membuat daftar belanja akan berdampak pada penghematan waktu dan uang, sehingga kamu tidak perlu berlama-lama di pasar dan menghindari pembelian yang tidak dibutuhkan.

Menyisihkan sedikit uang sebelum keluar rumah

Kamu bisa menyisihkan uang kamu lebih awal, tidak perlu terlalu banyak. Jika hal ini bisa kamu lakukan secara konsisten, bukan tidak mungkin kamu akan punya tabungan yang mungkin tidak kamu perkirakan sebelumnya.

Uang yang kamu sisihkan ini juga bisa kamu kembangkan dengan berinvestasi reksadana. Bibit.id adalah platform dimana kamu bisa berinvestasi dibantu robot, aman dan tanpa ribet!

bibit gopay.jpg