Ini Cara Kasih Reward Buat Diri Kamu Sendiri

Awal tahun baru tentunya semangat baru buat mulai wujudkan semua impian kamu. Setelah kamu bekerja keras menguras tenaga dan pikiran buat wujudkan semua kebutuhan kamu, sekarang waktunya kamu kasih hadiah buat diri kamu sendiri. Menurut pakar psikolog Abraham Maslow, salah satu kebutuhan dasar manusia adalah penghargaan dari apa yang sudah kita lakukan. Penghargaan yang kamu berikan nggak cuma bisa dari pekerjaan tapi juga apresiasi untuk diri sendiri. Kasih reward ke diri sendiri bukan berarti kamu harus menghambur-hamburkan uang, tapi tolak ukurnya dilihat dari proses yang sudah kamu lalui. 

Tren yang lagi hits di kalangan anak muda itu memanjakan diri dengan belanja outfit, aksesoris sampai gadget terbaru. "Karena gue suka main game, pastinya self reward gue beli game, setiap ada PS keluaran terbaru pasti gue beli", Jason, Evangelist. Apapun barang yang lagi up date biasanya jadi kepuasan tersendiri. 

Menghabiskan waktu nongkrong di café bareng teman dan beli makanan dan minuman favorit juga bisa jadi self reward bagi sebagian orang. “Kalo gue sih makan enak juga udah self reward buat diri gue. Kadang kalo banyak kerjaan ya salah satu cara paling gampang beli makanan kesukaan gue”, menurut Candra, Programmer. 

Nah, hal lain yang nggak kalah buat self reward sekarang ini adalah travelling. "Liburan bisa nyenengin hati, apalagi ke tempat-tempat yang baru aku datengin. Minimal 1 bulan sekali traveling ke luar kota, itu salah satu self reward aku", menurut Tika, Project Manager.

Gimana caranya kasih reward ke diri sendiri tapi tabungan tetap teratur?

Jangan Lewatin Promo Buat Belanja

Kamu nggak perlu menahan buat beli barang inceran kamu, triknya kamu bisa belanja apapun yang kamu mau selama promo, misalnya pas lagi flash sale atau cashback, keuntungannya kamu bisa dapat sampai setengah harga. Barang impian kamu dapat, keuanganmu pun tetap teratur.

Berlangganan di Platform Digital

Kalau salah satu self reward kamu hal-hal sederhana seperti jajan makanan atau minuman, dengerin musik dan nonton film kamu bisa penuhi kebahagiaan kamu dengan ikut berlangganan sebagai member. Biasanya kalau kamu sudah subscription, kamu bisa dapat banyak keuntungan. Misalnya, kamu bisa subscription Zomato Gold buat nikmatin makanan enak tapi dengan harga special, atau buat kamu yang suka nonton film kamu bisa subscription channel Netflix buat nonton film sepuasnya. Seru kan?

Pisahin Budget Reward Kamu dengan Tabungan

Nah, buat kamu yang suka traveling, kamu bisa pisahkan budget liburan  dengan tabungan utama kamu. Cara gampangnya, kamu bisa nabung sambil investasi, karena investasi di reksadana bisa dapat keuntungan. Nabung reksadana di aplikasi Bibit bisa kamu sisihkan di ‘Dana Tabungan’ jadi terpisah dengan tabungan utama kamu, nah supaya hasilkan cuan kamu bisa satu tahun berinvestasi di Bibit supaya keuntungannya lebih maksimal. Yuk, wujudkan semua impian kamu dengan investasi.