Apa Rahasia Sukses Investasi Reksadana Untuk Pemula?

Banyak investor mencari "rahasia" atau "tips jitu" untuk menghasilkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat. Pada kenyataannya sebagian besar investor tidak akan menemukan solusi ajaib tersebut.

Beli di harga rendah jual di harga tinggi?

Nggak semudah yang kamu bayangkan. Mencari waktu yang tepat sampai sukses investasi butuh pengetahuan dan riset yang mendalam dalam membaca trend pasar dan kondisi ekonomi. Bukan hal yang mudah untuk pemula.

Sebenarnya, tidak ada seorangpun yang mampu menebak atau memprediksi secara akurat dan konsisten tentang pergerakan pasar modal. Bahkan, hanya 5% atau 1 dari 20 Manajer Investasi profesional yang mencoba membeli atau menjual di "waktu yang tepat" berhasil mengalahkan benchmark mereka.

Rahasianya adalah nabung rutin bulanan

Kunci sukses berinvestasi sebenarnya sangat sederhana dan bisa dilakukan bahkan untuk investor pemula. Rahasianya terletak di Konsistensi. Nabung secara rutin.

Strategi nabung rutin atau disebut Dollar Cost Averaging (DCA), adalah sebuah metode sederhana dimana kamu menginvestasikan jumlah uang yang sama setiap bulan atau setiap minggu. DCA dimaksudkan untuk mencegah investor melakukan investasi berlebihan pada "waktu yang salah" di harga yang tinggi.

Nabung rutin bisa kamu mulai dengan uang Rp 100 ribu sekalipun. Tanpa peduli kondisi ekonomi. Strategi ini akan membantu kamu disiplin untuk membeli unit yang lebih banyak pada waktu harga turun dan lebih dikit pada waktu harga naik. Ini akan membuat kamu mengambil keputusan investasi yang lebih mudah dan terhindar dari keputusan emosional.

Selain itu, semakin lama kamu berinvestasi maka semakin besar jumlah uang yang kamu tabung dengan return yang lebih optimal.

Kamu nggak perlu buru-buru jadi kaya, karena berinvestasi memang butuh waktu untuk menunjukkan hasil bahkan sampai 10 atau 20 tahun. Keputusan investasi yang kamu lakukan hari ini akan memiliki dampak besar jika dilakukan secara rutin dan konsisten.