Strategi Reksadana Biar Tambah Cuan

Buat kamu yang lagi cari strategi terbaik biar cuan di reksadana, nggak perlu khawatir karena strategi simple banget kok. Ada strategi yang bisa menghasilkan cuan dalam jangka panjang, tanpa butuh banyak waktu buat analisa. Simak strateginya di sini.

Banyak orang beranggapan, kalau mau cuan di investasi bukan hal mudah. Masa sih? Di jaman modern masih susah?

Invest di reksadana cocok buat pemula, kenapa? Karena bukan kamu yang mengelola uangnya, melainkan manajer investasi (MI) profesional yang membantu kamu. Walaupun belum ngerti soal investasi, kamu bisa mendapatkan pengelolaan profesional dari MI.

Pertanyaan berikutnya;

“Apa sih strategi reksadana yang mudah diterapkan dan efektif?”

Strategi reksadana termudah dan efektif adalah nabung rutin. Nabung rutin adalah strategi dimana investor terus melakukan investasi secara rutin tanpa melihat pergerakan harga pasar ataupun memprediksi kondisi pasar kedepannya.

Investor terus melakukan strategi hingga tujuan investasi tercapai, biasa disebut juga strategi Dollar Cost Averaging.

Dollar Cost Averaging akan bekerja dengan baik ketika kamu konsisten. Untuk mendapatkan hasil maksimal kamu perlu menabung secara jangka panjang. Tidak perlu terburu-buru menjadi kaya, karena investasi butuh waktu untuk menunjukkan hasil. Keputusan kecil yang kamu lakukan bisa berdampak besar jika dilakukan dari waktu ke waktu.

Strategi reksadana menjadi efektif dibanding strategi market timing (beli harga rendah, jual harga tinggi). Tidak ada satupun yang bisa menebak harga pasar secara akurat, bahkan investor profesional sekalipun. Sebaliknya, dengan mencoba menebak pasar, investasi kamu bukannya tambah untung malah jadi buntung.

Seberapa Baik Dollar Cost Averaging?

Melihat kondisi pasar yang selalu naik dalam jangka panjang, maka cukup dengan nabung rutin, kamu bisa dapat cuan yang baik dalam jangka panjang. Memang, pasar bisa naik atau turun tanpa diduga dan kamu bisa kelihatan rugi di tengah investasi saat pasar turun.

Tapi, nilai pasar turun menjadi kesempatan menambah investasi di harga yang murah, sehingga rata-rata harga pembelian jadi turun. Ketika pasar kembali naik, maka dengan harga beli yang lebih murah kamu bisa meraup untung lebih besar. Itulah keunggulan strategi reksadana Dollar Cost Averaging.

Satu hal yang perlu diingat, kamu harus menemukan reksadana yang kinerjanya baik dalam jangka panjang. Bibit bisa bantu kamu pilih reksadana terbaik.

Gimana cara Bibit bantu kamu?

  1. Bibit sudah analisa dan seleksi reksadana terbaik di Indonesia berdasarkan track record manajer investasi yang baik, performa konsisten, dan expense ratio yang rendah. Bibit tidak sembarangan memasukkan produk reksadana ke aplikasi. Semua diseleksi dengan ketat.

  2. Bibit bantu diversifikasi uang kamu ke 3 jenis reksadana: pasar uang, obligasi, dan saham sesuai dengan level risiko kamu. Jadi, risiko kamu tersebar dan tidak terlalu berat di satu jenis.

Jadi, kamu bisa tenang soal pemilihan investasi dan langsung menerapkan strategi reksadana Dollar Cost Averaging setiap bulan.