Office Boy Ini Bebas Keuangan Akibat Investasi

Mungkin kamu pernah mikir, “aduh, gaji gue segini-gini aja, mana mungkin bisa kaya?” Jangan putus asa dulu, kita akan lihat contoh nyata kalau semua orang dengan pekerjaan apapun bisa bebas secara keuangan. Bagaimana caranya?

Terjadi di Amerika Serikat. Dikutip dari CNBC, seorang pria bernama Ronald Read selama hidupnya bekerja sebagai office boy diketahui melakukan investasi saham sejak masa mudanya. Ia hidup sederhana dan menginvestasikan sebagian besar penghasilannya ke pasar saham. Bahkan, temannya mengatakan kalau Read dapat uang 50 Dollar, mungkin 40 Dollar akan diinvestasikan, hanya 10 Dollar yang dipakai.

Foto Ronald Read Sumber: google.com

Foto Ronald Read
Sumber: google.com

Read cukup cerdas dalam memilih saham, ia hanya berinvestasi pada saham perusahaan yang baik dan punya prospek masa depan. Hebatnya lagi, ia tidak menjual sahamnya sampai usianya tua, ini membuat hasil investasinya bertumbuh sangat besar. Keluarga Read pun kaget, ternyata hasil investasinya mencapai 8 juta Dollar. Ini semua diketahui ketika Read sudah meninggal pada 2014.

Bukan hanya keluarganya yang menjadi berkecukupan akibat investasi itu, Read juga mendonasikan sebanyak 6 juta Dollar kepada sebuah perpustakaan dan rumah sakit yang sering dikunjungi selama hidupnya. Jadi, dengan banyak uang, kemampuan berbagi juga bertambah besar.

Inilah hasil akhir dari hidup yang sederhana dan investasi yang benar.

Apa mungkin ini terjadi juga dengan kita?

Mungkin kamu berpikir, “gaji office boy di Amerika kan lebih gede daripada di Indonesia”. Memang benar, tapi tetap bisa kita bandingkan karena biaya hidup di Amerika juga jauh lebih besar dibanding di Indonesia. Namun, yang bisa kita tiru adalah konsistensi dari Read dalam berinvestasi dan caranya mengatur keuangan.

Tapi kalau belum ngerti soal pasar keuangan gimana, apalagi saham?

Tenang aja, sekarang kamu bisa membeli apapun di pasar keuangan termasuk saham lewat Reksadana. Melalui Reksadana, kamu bisa mentipkan uangmu ke Manajer Investasi Professional yang sudah memiliki izin. Investasi kamu akan dikelola sebagai professional meski kamu masih pemula.

Bahkan, saat ini kamu bisa berinvestasi reksadana dengan mudah. Kamu bisa memanfaatkan platform Bibit yang membantu memilih produk reksadana terbaik di Indonesia, serta menyesuaikan dengan tujuan keuangan kamu secara otomatis. Mulai dari 100 Ribu pun bisa.

Jadi, kalau saat ini kamu punya pekerjaan yang lebih tinggi dari seorang office boy, kenapa kamu tidak bisa mengikutinya? Yuk, mulai investasi dengan rutin di Bibit sekarang.