Rekomendasi Investasi dari Artis, Bagus Nggak Ya?

shutterstock_1129458962.jpg

Belakangan ini makin banyak artis merekomendasikan investasi di pasar modal. Akhirnya banyak juga yang sebelumnya ga ngerti investasi, jadi ikut-ikutan. Pertanyaannya, apakah rekomendasi artis pasti bagus buat investor?

Tentu sebagai investor apalagi masih pemula, sangat baik mendengarkan saran dari orang yang berpengalaman. Masalahnya, sulit mengetahui apakah pemberi saran dan rekomendasi ini benar-benar ngerti investasi atau nggak.

Apalagi kalau artis yang bersuara, bisa aja orang ikutan karena ketenaran artis tersebut, bukan karena terbukti dia berhasil investasi. Sekalipun artis berhasil, belum tentu juga kamu cocok dengan cara yang mereka pakai. Akhirnya, kamu sendiri yang rugi.

Ibaratnya, si artis bilang, “kalau mau cari ikan, lebih untung kalau kita berenang”. Tapi belum tentu kemampuan renang kamu sebaik mereka. Bisa jadi, kamu lebih baik kalau pakai alat pancing.

Ini kenapa, beberapa artis sempat dipanggil oleh Bursa Efek Indonesia agar mereka lebih berhati-hati dalam memberikan rekomendasi investasi.

Ikuti Cara Investasi yang Benar

Jadi, kuncinya disini bukan siapa yang kasih rekomendasi, tapi apakah kamu mengerti kenapa rekomendasi cocok buat kamu atau tidak.

Kalau kamu masih pemula dan belum mengerti untuk menilai rekomendasi yang baik, sebaiknya jangan coba-coba untuk ikutan. Lagipula, profil risiko dan tujuan investasi kamu juga bisa berbeda dengan pemberi rekomendasi.

Seluruh risiko investasi ditanggung oleh kamu sendiri, bukan orang lain.

Nah, kalau kamu mau mulai investasi tapi masih kurang paham, kamu bisa mulai dari reksa dana. Di reksa dana, uang kamu dikelola oleh Manajer Investasi (MI) profesional yang sudah memiliki kualifikasi dan izin resmi dari OJK. Jadi, kamu bisa lebih nyaman untuk berinvestasi dibanding mengikuti rekomendasi dari orang lain.

Nah, kalau mau lebih aman lagi, kamu bisa memilih reksa dana dengan kualifikasi terbaik di Indonesia untuk menghindari pengelolaan MI yang buruk.

Sekarang, udah nggak perlu pusing dalam pemilihan MI yang baik, sudah ada Bibit yang menyeleksi MI terbaik di Indonesia. Bukan hanya seleksi di awal saja, tapi Bibit juga terus memantau konsistensi kinerja MI tersebut setiap saat agar kamu tetap nyaman berinvestasi.

Kamu bisa langsung investasi tanpa ribet dan khawatir.