Cara Cerdas Agar Cepat Kaya Meskipun Gaji Ngepas

Bagi seorang karyawan dan milenial, gaji adalah hal yang sangat penting. Bagaimana tidak, dari gaji inilah akan diketahui bagaimana karyawan akan menjalani hidup. Umumnya, besaran gaji akan berkaitan dengan gaya hidup seseorang. Semakin besar gajinya, maka akan semakin tinggi gaya hidupnya dan sebaliknya. Besaran gaji memang akan mencerminkan tingkat kekayaan karyawan.

Dari sini muncul pertanyaan, apakah dengan gaji pas-pasan seorang karyawan harus pasrah dengan keadaan? Atau sebaliknya dengan gaji pas-pasan tersebut, karyawan bisa saja cepat kaya hingga mampu mengubah hidupnya?

Ikuti kisah Yuda seorang generasi sandwich yang sukses mengatur gajinya meski pas-pasan.

1.      Atur Keuangan dan Pengeluaran

Cara cerdas pertama yang bisa kamu lakukan agar bisa cepat kaya meski gaji ngepas adalah mengatur keuangan dan pengeluaran dengan serius. Manajemen keuangan memang sesuatu yang tidak bisa dianggap sepele. Pasalnya tidak sedikit banyak yang gagal menjalankannya karena tidak bersungguh-sungguh. Apalagi bila kita bicara tentang kalangan milenial yang acapkali sulit mengendalikan pengeluaran.

Mari kita ambil contoh manajemen keuangan dan pengeluaran terbaik dari Yuda meski tergolong generasi sandwich, seperti contoh di video YouTube di atas.

 *contoh tabel pengeluaran Yuda

Dari gaji atau penghasilan Rp 8 juta/bulan, maka Yuda masih bisa menghemat uang sebesar Rp 1.000.000. Masih tersisanya uang yang bisa dihemat Yuda dikarenakan dirinya bisa menahan untuk tidak membelanjakan uangnya pada hal-hal tidak penting, termasuk mengurangi anggaran untuk keperluan hiburan dan rekreasi.

Dengan gaji pas-pasan, mau tak mau kamu memang harus benar-benar mengatur keuangan dengan serius. Jangan terlalu mengikuti hawa nafsu untuk belanja hal-hal yang tidak penting. Alih-alih boros, kamu harus bisa menjaga keuangan tetap stabil dan memiliki tabungan setiap bulannya dari gaji.

Baca juga: Apa Kamu Termasuk Generasi Sandwich?

2.      Pikirkan Masa Depan dengan Matang

Bagi kamu yang lahir dari keluarga biasa-biasa saja, pastikan kamu untuk berhati-hati dalam melangkah. Ketika mulai bekerja, pastikan kamu sudah memikirkan masa depan dengan serius. Apalagi bila kamu seorang generasi sandwich, maka masa depan adalah sesuatu yang wajib kamu rencanakan dengan baik. Untuk itulah kamu perlu membuat pos-pos pengeluaran setiap bulan dari gaji yang didapat. Pastikan dalam strategi keuangan yang disusun, kamu juga membuat satu pos untuk kepentingan masa depan. Besaran untuk pos masa depan ini umumnya berkisar antara 10-15% setiap bulannya.

3.      Mulailah Menabung dan Berinvestasi

Cara cepat kaya sebenarnya tidaklah instan, namun menjadi kaya membutuhkan proses dengan berinvestasi. Misalnya kamu berinvestasi di reksadana pasar uang untuk biaya persalinan dan operasi orangtua dibutuhkan waktu 1-5 tahun (jangka pendek). Contoh lain yakni pada investasi reksadana saham bisa kamu letakan untuk dana pensiun karena membutuhkan waktu 5-10 tahun kedepan (jangka panjang). Perlu dipahami juga bahwa saat ini platform berinvestasi reksadana ada banyak pilihannya. Maka dari itu kamu harus bisa memilih platform terbaik yang dapat membuat masa depanmu cerah.

Persiapkan Masa Depan dengan Investasi Reksadana

Berinvestasi pada reksadana memang akan menjadi cara menabung dan berinvestasi yang tepat untuk kamu pilih. Sementara itu platform investasi reksadana terbaik yang bisa kamu pilih yakni Aplikasi Bibit yang sudah berizin dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dengan statusnya tersebut, investasi di Bibit jelas akan membuatmu tenang karena keamanannya yang terjamin seratus persen.

Tidak hanya aman, berinvestasi reksadana di Bibit akan membuatmu mendapat peluang memperoleh imbal hasil yang besar. Ini dikarenakan saat berinvestasi di Bibit, uangmu akan dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi (MI) berpengalaman. Selain itu, produk reksadana yang kamu dapat di Bibit merupakan yang terbaik dan telah melalui riset.

Dengan segala kemudahan berinvestasi di aplikasi Bibit, maka investasi reksadana di Bibit akan membuka jalan pada tujuanmu untuk menyambut masa depan semakin terbuka lebar. Dari sini maka dengan gaji pas-pasan, kamu pun bisa jadi cepat kaya dengan cara berproses yang lebih cerdas dengan konsisten berinvestasi!