Tips Siapkan Hampers Natal dan Tahun Baru Agar Kantong Tak Jebol

Perayaan Natal dan Tahun Baru tinggal menghitung hari. Sebagian masyarakat biasanya sudah sibuk belanja hampers untuk dikirim ke keluarga dan teman-teman. 

Sebelum lebih lanjut membahas hampers, ada baiknya kita bahas dulu rumus alokasi gaji yang bisa diterapkan setiap bulan agar keuangan nggak boncos. 

Berdasarkan rumus gaji yang dipopulerkan oleh Profesor Hukum Harvard Senator Elizabeth Warren dan putrinya bernama Amelia Warren Tyagi, gaji sebaiknya dibagi ke dalam tiga pos, yakni 50-30-20. Simak tabel di bawah ini. 

  • 50% gaji untuk kebutuhan seperti bayar kost, makan, transportasi, pulsa, listrik, dll

  • 30% dari gaji untuk gaya hidup seperti langganan streaming, jalan-jalan, makan di restoran, hingga beli hampers

  • 20% dari gaji untuk tabungan, investasi, hingga bayar utang

Nah, dari sini kamu bisa melihat kira-kira berapa persen gaji yang bisa digunakan untuk belanja hampers. Kamu bisa memakai pos gaya hidup yang sebesar 30% untuk membeli hampers. Pilihannya, kamu bisa menggunakan sebagian dari 30% dana tersebut atau seluruh dana dari 30% itu.

Setelah tahu jumlah dana yang bisa digunakan untuk membeli hampers, kamu bisa mulai list teman atau keluarga yang ingin diberikan hampers. Jika keuangan terbatas, pilih orang-orang yang memiliki hubungan sangat dekat denganmu. 

Kemudian, pilih hampers sesuai dengan budget. Jangan pernah memaksakan mengirim hampers yang terlalu mahal dan ujung-ujungnya mengganggu kebutuhan lain. 

Berikut simulasi budget hampers Natal dengan asumsi budget maksimal Rp1,5 juta:

Dengan asumsi gaji Rp5 juta, kamu berarti menggunakan 30% gaji atau seluruh alokasi untuk gaya hidup untuk membeli hampers. Ini nggak masalah selama kamu disiplin untuk tidak menggunakan alokasi gaji lain untuk gaya hidup sampai gajian bulan depan. 

Ingat, masa depanmu akan bergantung dengan caramu mengelola gaji sedini mungkin. Semakin disiplin mengelola uang, maka tujuan keuanganmu di masa depan juga akan cepat tercapai. 

Kalau masih suka lupa untuk nabung, kamu bisa manfaatkan fitur nabung rutin di aplikasi Bibit. Fitur tersebut akan mempermudah kamu mencapai tujuan keuangan atau resolusi setiap tahun.