3 Level Menuju Financial Freedom hingga Cara Hitung Dana yang Dibutuhkan!

Sebelumnya kita sudah mengetahui manfaat financial freedom dan tips untuk mencapai financial freedom. Sekarang kita akan mempelajari bahwa ada 3 level untuk menuju Financial Freedom dan bagaimana cara menghitung dana yang dibutuhkan untuk financial freedom yang harus kamu ketahui. Yuk simak selengkapnya pada gambar dibawah ini!

Setelah kamu melihat gambar Level of Financial Freedom di atas, kini saatnya kita menghitung berapa dana yang harus disiapkan untuk mencapainya.๐Ÿ’ช Perhitungan ini bersifat simulasi, jadi sesuaikan dengan angkamu sendiri, ya!

Sebagai contoh, Tian memiliki total pengeluaran setiap bulan sebesar Rp6 juta. Untuk bisa mendapatkan passive income Rp6 juta per bulan, Tian memilih instrumen investasi yang paling rendah risikonya, misalnya Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) dengan asumsi return 5% per tahun. Pertanyaannya, berapa jumlah dana yang harus dimiliki oleh Tian untuk mendapatkan Rp 6 juta per bulan tanpa bekerja? Berikut cara menghitungnya: 

Rumus: 

Pengeluaran per Tahun = Pengeluaran per bulan x 12 bulan

Dana yang Harus Dikumpulkan= Pengeluaran Tahunan รท asumsi return investasi

Contoh Perhitungan:

Pengeluaran per Tahun = Rp 6 juta x 12 bulan = Rp 72 juta

Dana yang Harus Dikumpulkan:

Rp 72 juta รท 5% = Rp 1,440.000.000 (satu miliar empat ratus empat puluh juta rupiah)

Disclaimer: potensi dari imbal hasil di atas adalah asumsi di masa lalu, dan semua hitungan tersebut mengesampingkan inflasi.

Mulai sekarang kamu dapat mengetahui berapa dana yang harus kamu kumpulkan untuk mencapai financial freedom. Dari perhitungan di atas kamu bisa mencoba menghitung dana financial freedom versi diri kamu sendiri, ya! Dan tetap semangat untuk mencapai financial freedom dengan terus budayakan investasi!

Maka dari itu,Bibit dan Antidot Studios mau mengajak kamu ikut movement menuju financial freedom. Bibit x Antidot: Path to Financial Freedom Collection akan mengajak kamu untuk dapat membawa budaya investasi yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun kamu berada!๐Ÿ˜‰ Yuk, cek koleksinya Sekarang!