Alasan SBN Cocok untuk Dana Pensiun, Yuk Ajak Ortu Investasi di ORI022!

Pemerintah resmi membuka masa penawaran Surat Berharga Negara (SBN) seri ORI022 pada Senin, 26 September sampai 20 Oktober 2022. Kupon ORI022 ini ditetapkan sebesar 5,95% atau lebih tinggi dari sebelumnya yaitu ORI021 yang ditawarkan dengan kupon 4,9%.

Bicara soal tujuan investasi, instrumen yang satu ini cocok untuk mengamankan dana pensiun. Setidaknya ada 3 alasan kenapa SBN seri ORI022 ini cocok untuk menyimpan dana pensiun. Yuk, kita ulas satu per satu!

1. Passive Income

Saat pensiun bukan berarti tak ada lagi pengeluaran mulai dari kebutuhan rutin sehari-hari sampai ingin travelling sesekali. Saat pensiun pula, biasanya tak ada lagi pemasukan bulanan yang biasanya diperoleh seperti saat masih aktif bekerja. Salah satu solusinya adalah dengan berinvestasi di ORI022 agar tetap bisa menerima passive income dari imbal hasil berupa kupon yang diterima setiap bulan.

2. Aman dan Dijamin Negara

Nggak usah khawatir dengan uang pensiun yang diinvestasikan. Soalnya, pembayaran kupon ORI022 beserta nilai pokok investasi saat jatuh tempo dijamin oleh negara melalui Undang-Undang. Sampai saat ini, belum pernah ada kejadian gagal bayar atas sebuah SBN yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

3. Tidak Terpengaruh Gejolak Ekonomi

Berinvestasi di SBN artinya kamu bisa tidur nyenyak tanpa khawatir akan gejolak ekonomi. Soalnya, kondisi ekonomi di suatu negara termasuk Indonesia ada kalanya menjadi sentimen negatif yang mempengaruhi pergerakan investasi seperti saham. Namun, instrumen yang satu ini akan tetap stabil di tengah market yang labil karena kupon ORI022 yang bersifat fixed rate.

Pertanyaan selanjutnya, berapa imbal hasil per bulan sehingga SBN seri ORI022 ini bisa dijadikan passive income? Kamu bisa menemukan jawabannya dengan melihat tabel simulasi perhitungannya di bawah ini!

Simulasi Perhitungan Kupon ORI022

Dari tabel simulasi di atas, kamu bisa lihat jika berinvestasi sebesar Rp1 miliar pada SBN seri ORI022, maka kamu bisa memperoleh sekitar Rp4,4 juta per bulan yang sudah dikurangi pajak 10%. Tentunya, semakin besar uang yang kamu investasikan, semakin besar pula passive income yang akan kamu terima setiap bulannya. 

Buat kamu yang saat ini masih aktif bekerja dan masih berpenghasilan tetap, kamu bisa mencoba berinvestasi di ORI022. Tujuannya, agar saat pensiun tiba kamu sudah siap dan pede untuk berinvestasi di instrumen ini. Kamu juga bisa menginformasikan kepada orang tua atau anggota keluarga lain yang sudah masuk usia pensiun untuk mempertimbangkan berinvestasi di SBN ini agar bisa menikmati passive income tiap bulannya.

Buat yang tertarik dan mau langsung investasi SBN seri ORI022 ini, kamu bisa langsung registrasi dengan mengikuti panduannya di sini, ya! Yuk, investasi di SBN seri ORI022 untuk persiapan hari tua dan jangan lupa ajak keluargamu ya!