Apakah Kerja Jadi PNS Sudah Pasti Menjamin Semua Masa Depan Kita Termasuk Anak?

Bagi sebagian orang, menjadi Pekerja Negeri Sipil (PNS) merupakan impian dalam berkarirnya. Bayangkan ada ratusan ribu yang rela melakukan tes untuk bisa terpilih menjadi PNS. Kenapa? Karena hidup dijamin oleh pemerintah. 

Apakah kerja menjadi PNS benar-benar terjamin secara menyeluruh? 

Menurut Ibu Nina, salah satu PNS di bidang kesehatan mengatakan "Walaupun gaji kecil dibandingkan kantor swasta, tapi hidup saya sebagai karyawan terjamin sampai hari tua. Tahun depan saya sudah harus pensiun, tapi saya tidak merasa khawatir."

Dengan menjamin karyawannya, apakah termasuk anggota keluarga?

"Secara kesehatan, anak saya ditanggung dengan kartu sehat khusus sampai umur 20 tahun saja."

Lalu bagaimana dengan biaya pendidikan anak? Apakah ditanggungkan juga?

"Di sini tidak ada tanggungan uang untuk biaya kuliah anak, semuanya saya yang membiayai dari kantong saya sendiri." tambahnya.

Adakah Investasi yang Anda persiapkan untuk biaya sekolah hingga kuliah anak?

"Setiap saja mendapat THR atau gaji 13, biasanya saya belikan emas, itu dulu sekitar tahun 90an sewaktu anak saya masih SD sampai SMA. Harganya yang awalnya cuma 20.000 per gramnya saat anak saya akan masuk SMA di tahun 2006 harganya menjadi 360.000. Menurut saya pada saat itu bentuk investasi yang bisa saya lakukan dan jelas adalah emas." 

"Namun, setelah tahu ada deposito dan reksadana saya mulai mencobanya. Menurut saya tidak terlalu berisiko, uangnya tersimpan aman, dan keuntungan yang saya dapat pun terus meningkat.” jelas Ibu Nina.

Dari Ibu Nina kita bisa belajar, meskipun menjadi seorang PNS yang hari tuanya sudah dijamin pemerintah, kita pun tetap harus menyiapkan masa depan untuk anak kita, mulai dari jaminan kesehatan hingga pendidikannya.

Di aplikasi Bibit kini lebih mudah menyiapkan masa depanmu dengan fitur Goal Setting. Caranya klik Portofolio, lalu tambah Portofolio, kemudian berikan nama tujuan investasimu misalnya “Biaya Sekolah Anak”, tentukan jumlah yang akan dikumpulkan dan berapa lama waktu untuk mencapai goals kamu.