Bagaimana Memilih Reksa Dana Yang Cocok?

Bila kamu pemula bisa memilih instrumen investasi reksa dana. Simpelnya, reksa dana adalah paket investasi yang dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi (MI) dan sudah mendapatkan izin dari OJK. Nantinya MI akan investasi ke berbagai macam instrumen investasi. Beli reksa dana itu bagaikan beli suatu paket investasi yang isinya ditentukan oleh ahli keuangan.

Reksa dana terdiri dari berbagai jenis. Kamu bisa pilih sesuai tujuan keuangan dan jangka waktu investasi. Misalnya bila memiliki tujuan keuangan diatas 5 tahun bisa memilih reksa dana saham. Selengkapnya, dibawah ini perbedaan setiap jenis reksa dana:

Image from iOS (1).jpg

Lalu, mengapa investasi dibawah satu tahun cocok di reksa dana pasar uang? Jawabannya karena pembayaran bunga tetap dari deposito dan obligasi jangka pendek membuat peningkatan harga reksa dana pasar uang menjadi stabil. Oleh karena itu, kamu bisa menyimpan dana darurat di reksa dana pasar uang. 

Di sisi lain, kamu bisa kombinasikan 3 jenis reksa dana buat investasi dengan robo advisor sesuai profil risiko. Bila profil risiko kamu konservatif maka robo advisor Bibit merekomendasikan komposisi portofolio investasi kamu lebih berat terhadap reksa dana pasar uang dan obligasi untuk menghasilkan return yang setidaknya diatas angka inflasi secara konsisten dengan nilai fluktuasi yang minimal.