Bedah Reksa Dana: Sucorinvest Money Sharia Market Fund untuk Nabung Haji

Haji merupakan rukun islam ke-5 dan menjadi ibadah yang wajib ditunaikan oleh setiap Muslim yang mampu secara finansial dan fisik. Namun untuk melakukan ibadah haji, ada masa tunggu yang  cukup lama karena adanya kuota haji yang berlaku. Sehingga jamaah haji harus mengantri ketika hendak melakukan ibadah haji, di mana umumnya masa tunggu haji (reguler) di Indonesia bisa berkisar 7-8 tahun lamanya. 

Selain masa tunggu haji yang cukup lama, biaya yang diperlukan juga cukup besar. Mari kita simak  rincian biaya yang diperlukan untuk menunaikan ibadah haji:

Data diambil dari Biaya Penyelenggara Ibadah Haji tahun 2022

Dari tabel di atas, terlihat bahwa seseorang membutuhkan total sekitar Rp 81 juta untuk melakukan ibadah haji. Biaya ibadah haji  tidak sedikit dan juga masa tunggunya cukup lama, sehingga  perencanaan yang matang sejak dini perlu dilakukan jika kamu berniat untuk menunaikan ibadah haji.

Selagi masih muda, kamu bisa membuat rencana dan menabung dari sekarang untuk dapat menunaikan ibadah haji.  Seperti simulasi di bawah ini, misalnya kamu nabung rutin selama 3 tahun di Reksa Dana  Sucorinvest Sharia Money Market Fund.

Dari gambar di atas, dapat terlihat bahwa produk Sucorinvest Sharia Money Market Fund merupakan salah satu produk reksa dana pasar uang yang memberikan tingkat pendapatan investasi yang menarik sesuai Prinsip Syariah. Dalam 3 tahun terakhir, Sucorinvest Sharia Money Market Fund  memiliki return sebesar 18.39%. Lantas bagaimana jika kamu melakukan nabung rutin untuk ibadah haji pada produk tersebut? Simak perhitungannya di bawah ini:

Disclaimer : proyeksi perhitungan keuntungan dengan data historis produk 3 tahun terakhir.

Tabel di atas merupakan perhitungan ketika kamu melakukan nabung rutin senilai Rp2,5 juta setiap bulannya  selama 3 tahun. Setelah 3 tahun kamu akan mendapatkan persentase keuntungan sebesar 18.39% atau sebesar Rp16 juta. Jadi total biaya yang terkumpul selama 3 tahun kamu melakukan nabung rutin adalah sebesar Rp 106 juta. Dengan cara ini, kamu bisa memperoleh biaya haji melebihi dari target dari yang sudah diperhitungkan karena ada potensi imbal hasil yang diterima.. 

Disclaimer On: keuntungan yang tercatat adalah yang terjadi di masa lalu, yang artinya belum tentu akan sama di masa depan. Tapi, bukan berarti menjadi halangan kamu nabung dari sekarang. Karena sekarang lebih baik daripada tidak sama sekali. 

Ayo rencanakan ibadah haji dari usia muda dan lakukan nabung rutin untuk dapat membantu kamu mewujudkannya! Kamu dapat melakukan nabung rutin dana hajimu pada produk Sucorinvest Sharia Money Market Fund seperti pada perhitungan diatas di Bibit! 

Writer: Shiao Ching