Simulasi dan Cara Menghitung Zakat Reksa Dana

Investasi melalui instrumen reksa dana semakin dikenal di masyarakat. Alasannya tentu saja kemudahan dan kepraktisan karena investasi reksa dana bisa dilakukan di mana saya secara online melalui smartphone. Apalagi, reksa dana merupakan  instrumen investasi yang cocok buat kamu yang nggak punya banyak waktu dan tidak sempat melakukan analisa.

Melalui Manajer Investasi (MI), investasi yang kamu lakukan akan diatur sedemikian rupa sehingga kamu hanya cukup duduk manis kemudian investasimu akan tumbuh sesuai dengan pergerakannya. Mudah dan tidak repot, ya?. 

Zakat Reksa Dana

Dalam Islam, reksadana adalah salah satu objek zakat yang mesti dizakati saat sudah memenuhi nilai minimal harta (nisab) dan dimiliki penuh satu tahun (haul). Hal ini disebabkan reksadana termasuk aset atau harta, seperti halnya emas, uang, properti, dan lainnya.

Mengapa reksa dana menjadi objek zakat? Berdasarkan situs resmi, baznas.go.id, zakat reksadana ditetapkan atas hasil kesepakatan para ulama pada Muktamar Internasional Pertama tentang zakat di Kuwait (29 Rajab 1404 H) bahwa hasil dari keuntungan investasi wajib dikeluarkan zakatnya.

Zakat reksa dana sendiri dapat ditunaikan saat hasil keuntungan investasi sudah mencapai nisab. Berdasarkandari situs yang sama, nisab zakat reksadana sama nilainya dengan nisab zakat mal, yakni senilai 85 gram emas murni dengan persentase zakat 2,5% dan sudah mencapai satu tahun (haul).Oleh karena itu, cara menghitung zakat reksadana pun sama dengan cara menghitung zakat maal, yaitu 2,5% x Jumlah harta yang tersimpan selama 1 tahun.

Simulasinya, jika nilai emas murni ANTAM saat artikel ini ditulis (27 Juni 2022) adalah Rp 994.000. Maka, total aset reksadana wajib zakat yang kamu miliki harus sudah mencapai Rp 84.490.000 dalam satu tahun. Hasil dari Rp 994.000 tersebut kemudian dikali dengan 85 gram emas.

Jika memang sudah mencapai jumlah tersebut, penghitungan zakat reksadana menjadi:

2,5% x Rp 84.490.000 = Rp 2.112.250

Penting kamu ketahui bahwa nilai emas yang tertulis dapat berubah, bergantung pada kenaikan atau penurunan harga emas yang berlaku. Di sini yang dijadikan parameter perhitungannya adalah emas ANTAM.

Kapan dan untuk Apa Zakat Reksa Dana?

Waktu pembayaran zakat reksa dana dapat dilakukan ketika investasi reksa dana kamu sudah mencapai nisab senilai 85 gram emas dan memenuhi haul 1 tahun. Karena termasuk zakat mal, zakat reksadana bisa dibayarkan salah satunya melalui BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional).

Tujuannya agar zakat yang disalurkan tidak terhenti hanya untuk konsumsi orang yang berhak menerima zakat. Mengingat nantinya BAZNAS akan menghimpun dan mengelola zakat yang diwujudkan dalam beberapa program distribusi dan pemberdayaan untuk membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan di Indonesia.

Gimana? Semoga artikel ini bisa membantu kamu lebih memahami bagaimana membayar zakat untuk reksa dana yang kamu miliki. Sambil terus menggali informasi, yuk terus berinvestasi untuk mencapai tujuan keuanganmu!