Beli Obligasi FR Jangan Hanya Fokus Kupon Tinggi. Kenapa?

Mana yang Lebih Penting di Obligasi FR, Yield atau Kupon?

  • Yield adalah return per tahun sesungguhnya yang pasti kamu dapatkan hingga jatuh tempo.
    Yield sudah memperhitungkan total kupon
    yang diterima hingga jatuh tempo dan capital gain/loss saat jatuh tempo.

  • Kupon adalah passive income tetap yang kamu dapat tiap 6 bulan. 

Penjelasan

Dari tabel di atas, terlihat bahwa meskipun Obligasi FR0086 memiliki kupon lebih tinggi, namun belum tentu return lebih tinggi. Ini karena harga belinya lebih tinggi membuat yield atau return sesungguhnya lebih rendah. 

Di sisi lain, kupon Obligasi PBS032 lebih rendah. Namun annualized return lebih tinggi. Ini karena  harga belinya lebih murah.

Kesimpulan: In Yield We Trust!

Mudahnya, kamu cukup fokus ke yield kalau mau investasi di Obligasi FR. Sebab yield adalah return per tahun sesungguhnya hingga jatuh tempo. Yield sudah memperhitungkan total kupon yang diperoleh hingga jatuh tempo + capital gain.

Segera ambil kepastian return dari yield Obligasi FR yang bisa kamu kunci hingga jatuh tempo. Tanpa perlu pikirin kondisi market yang naik-turun dan ketidakpastian ekonomi!


Get to Know Better About Obligasi FR

Pahami keuntungan dan strategi untuk investasi di Obligasi FR dalam webinar “Bedah Obligasi FR dari Nol” pada Kamis, 22 Agustus 2024. Di webinar kali ini, Bibit akan membedah serba-serbi investasi Obligasi FR dari nol, cocok buat kamu yang ingin mulai investasi!