Bibit Update 26 Februari 2023: Gejolak Harga Jelang Ramadan, Siap-siap Tambah Alokasi Tabungan

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan mengimpor sejumlah bahan pokok untuk mengantisipasi lonjakan harga jelang Ramadan. Bahan pangan yang dimaksud, antara lain gula, daging, beras, bawang putih, kedelai, hingga DOC broiler untuk ayam. 

"Beberapa komoditas dipasok dari impor seperti gula, daging, beras, bawang putih, kedelai, dan DOC broiler untuk daging ayam, di mana saat ini telah diterbitkan persetujuan impor untuk beberapa komoditas," ungkap Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Kasan, dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu (22/2). 

Perlu diketahui, sejumlah harga bahan pokok biasanya melonjak jelang Ramadan dan Lebaran. Oleh karena itu, cek lagi alokasi bulanan kamu agar tak defisit saat Ramadan nanti dan tetap bisa nabung sesuai target. 

🇮🇩 Kabar Indonesia Lain yang Perlu Kamu Simak Pekan Ini:

  1. Pemerintah akan menggelontorkan subsidi motor listrik sebesar Rp7 juta pada Maret 2023. Subsidi tersebut akan dialokasikan untuk 50 ribu unit motor listrik. 

  2. Pemerintah menargetkan kemiskinan ekstrem Indonesia menjadi nol persen pada 2024. Tahun tersebut menjadi tahun terakhir pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

  3. Jakarta akan menjadi kota ekonomi saat ibu kota pindah ke IKN Nusantara, Kalimantan Timur. Presiden Jokowi mengatakan ibu kota dipindah ke Kalimantan Timur demi pemerataan karena Indonesia masih Jawa sentris alias terpusat di Pulau Jawa. 

  4. Indonesia berhasil mengekspor mobil listrik pertama kalinya pada Februari 2023. Ekspor tersebut dilakukan melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).  

🌍Kabar Luar Negeri Pekan Ini:

  1. Pemerintah India memaksa pengusaha pembangkit listrik batu bara memaksimalkan produksi jelang musim panas. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang (UU) darurat yang diumumkan oleh Kementerian Tenaga, Batubara, dan Energi Baru dan Terbarukan India. 

  2. Pemerintah Kota Beijing, China, akan memberikan bantuan sosial (bansos) senilai 40 yuan per bulan. Kebijakan ini diumumkan di tengah kenaikan harga makanan di China usai kebijakan ketat zero covid-19 dihapus pada Desember 2022.

Summary:

Harga bahan pokok biasanya melonjak jelang Ramadan dan Lebaran setiap tahun. Berdasarkan laman resmi infopangan.jakarta.go.id, Kamis (23/2), harga beras pera naik Rp59 menjadi Rp14.295 per kg, harga beras premium naik Rp48 menjadi Rp13.424 per kg, cabai merah keriting naik Rp191 menjadi Rp55.382 per kg, dan harga cabai rawit hijau naik Rp261 menjadi Rp56.282 per kg. 

Maka dari itu, jika pemerintah mencari solusi dengan mengimpor sejumlah bahan pangan demi meredam kenaikan tersebut. Sebelum makin naik, ada baiknya kamu mulai hemat dan menambah tabungan dengan investasi reksa dana di aplikasi Bibit. 

Ada berbagai pilihan mulai dari Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Obligasi, Reksa Dana Saham, dan Reksa Dana Syariah. Jika tujuannya jangka pendek atau kurang dari satu tahun, kamu bisa pilih Reksa Dana Pasar Uang. 

Writer: Tim CRM