Bibit Weekly 1 Januari 2022: Dari “Republik Cuan 2021 Bibit”, Kita Belajar…

👋Teman Bibit, 

Udah cek hasil Republik Cuan 2021 kamu, belum? Ada banyak jabatan mulai dari Presiden Cuan, Dewan Perwakilan Reksa Dana, Guebeneur Cuan, Tokoh Cuan Lokal, Warga Cuan, sampai Alumni Republik Cuan! Kamu menjabat sebagai apa nih? Hasilnya sesuai nggak dengan ekspektasi kamu? 🤔 

Kalau udah baca laporan Republik Cuan 2021, yuk sekarang kita evaluasi lagi catatan perjalanan investasi kamu bareng Bibit selama ini!

Buat kamu yang udah rajin nabung… 👏

Great job! Kamu pasti udah dinobatkan menjadi Presiden Cuan, Guebeneur Cuan atau Dewan Perwakilan Reksa Dana. Selamat ya! Karena kamu udah berhasil konsisten nabung meskipun kondisi pasar tahun ini naik turun seperti roller coaster.🎢 

Semoga tujuan investasi kamu bisa segera tercapai, ya! Yuk, lanjutin terus kebiasaan baik kamu dan lebih semangat lagi nabungnya di 2022. Jangan sampai kamu lengser alias turun jabatan!

Buat kamu yang belum konsisten nabung… 💪

Halo, Tokoh Cuan Lokal! Kamu udah mengambil langkah yang tepat loh untuk memulai investasi. Ayo, bangun terus kebiasaan untuk nabung ya! Kamu bisa mulai dengan membuat tujuan investasi terlebih dahulu, misalnya untuk dana pensiun, DP rumah pertama, atau tujuan lainnya seperti membeli gadget baru. Setelah itu, baru deh kamu bisa set autodebit di aplikasi Bibit tiap minggu atau bulan sesuai dengan budget sehingga nantinya kamu jadi nggak lupa, nggak ribet dan bisa terus konsisten untuk lanjutin nabung rutin. 

Semakin kamu konsisten nabung rutin, kamu akan semakin dekat dengan tujuan keuanganmu. OTW naik jabatan nih, amin! 😉

Buat kamu yang belum mulai nabung… 😏

Bibit kasih semangat Warga Cuan untuk memulai langkah pertama berinvestasi reksa dana. Yuk, bisa yuk! 📣 Membeli reksa dana pertama bisa menjadi gerbang awal untuk mewujudkan mimpi-mimpimu! Buat yang masih ragu-ragu, tenang aja! Bibit udah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, jadi pastinya aman untuk berinvestasi bareng Bibit. 

Investasi reksa dana bisa dimulai dari Rp 10 ribu, kok. Sebagai langkah awal, kamu bisa coba reksa dana yang paling rendah risiko, yaitu Reksa Dana Pasar Uang (RDPU). Fun fact nih, dari hasil Sensus Republik Cuan Bibit 2021, RDPU ternyata menjadi reksa dana favorit loh! 

Tapi kalau kamu masih bingung tentang investasi reksa dana, kamu bisa mulai mencoba belajar dari beragam artikel yang ada di Blog Bibit hingga kelas Bibit Academy yang rutin diadakan. Yang penting, ada kemauan dan tetap semangat untuk mulai berinvestasi! 

Buat kamu yang jauh di sana… 🥺 

Apa kabar, Alumni Republik Cuan? Bibit kangen loh sama kamu! Yuk, mulai lagi berinvestasi bareng Bibit. Kamu bisa mulai kembali dengan membuat resolusi tujuan investasi di tahun yang baru ini. Ada fitur goal setting di aplikasi Bibit yang bisa bantu kamu membuat tujuan investasi, menentukan target dana, sampai menghitung jumlah nabung rutin tiap bulan. Jadi kamu gak perlu pusing ngitung lagi, tinggal disiplin nabung rutin.

That’s all buat evaluasi perjalanan investasi bareng Bibit di 2021! Terima kasih ya sudah memilih Bibit sebagai teman perjalanan investasi kamu selama ini 🤗 Jadi, siap nggak nih untuk ngelanjutin perjalanan investasi di tahun yang baru? Yuk, terus konsisten berinvestasi dengan kebiasaan baik nabung rutin dan selalu fokus dengan tujuan finansialmu! 

Happy New Year & Salam Cuan! 🤑


Kabar Indonesia

  • Kementerian Perindustrian optimistis pertumbuhan industri pada 2021 bisa mencapai 4%- 4,5%. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memaparkan laju pertumbuhan industri akan positif sejalan dengan pertumbuhan ekonomi 2021.

  • Menteri Keuangan Sri Mulyani resmi merilis aturan Tax Amnesty Jilid II. Wajib pajak pribadi dan badan usaha dapat melaporkan harta kekayaannya mulai 1 Januari hingga 30 Juni 2022. 

  • Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menanggapi rencana penghapusan bahan bakar minyak (BBM) Premium dan Pertalite pada 2022. Menurut Nicke, rencana tersebut akan dilakukan bertahap dengan berbagai pertimbangan  seperti ketentuan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor P20/Menlhk/Setjen/Kum1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang.

Poin penting:

Tahun baru, semangat baru! Kondisi ekonomi berangsur-angsur menguat dan membaik di tengah pandemi corona yang belum berakhir. Kamu tak perlu mengkhawatirkan portofolio tabunganmu dan terus menabung di Bibit ya! 😉


Talk Show Bibit Academy: Republik Cuan 2021, Mau Dibawa ke Mana di 2022?

Bahas apa aja sih di talk show ini?😎

  • Evaluasi hasil Republik Cuan 2021

  • Pembahasan seputar perjalanan investasi reksa dana di 2021

  • Melakukan Financial check-up

  • Panduan membuat resolusi investasi di tahun 2022

  • Studi kasus perencanaan keuangan pribadi

Catatan kaki: “Never depend on a single income. Make investment to create a second source.” – Warren Buffett.