Bibit Weekly 24 September 2022: Cek Pengetahuan Kamu Soal SBN di Sini!

Nggak terasa udah akhir September, yang artinya pembahasan soal SBN akan berakhir. Karena sudah 3 pekan kita bahas mengenai SBN dari pengertian sampai cara dapetin cuannya, gimana kalau saatnya tes pengetahuan kamu? 

Flashback sedikit, pekan pertama sudah dibahas apa itu SBN dan kenapa instrumen yang satu ini bisa jadi alternatif investasi. Pekan kedua, pengetahuan kamu makin upgrade karena membahas jenis-jenis SBN baik konvensional maupun yang syariah. Dan pada pekan ketiga, kamu semakin paham soal hitung-hitungan keuntungan dan imbal hasil kalau investasi di SBN.

Untuk menguji pemahaman kamu soal SBN, gimana kalau kita tes pengetahuan kamu seputar SBN dengan menjawab quiz? Cek bocoran soal quiz-nya di bawah ini ya!

1. Di bawah ini adalah alasan pemerintah menerbitkan SBN, kecuali..

A. Menutup kekurangan kas negara jangka pendek

B. Mengelola portofolio uang negara

C. Mendorong masyarakat untuk berinvestasi

D. Membiayai surplus APBN

2. Yang termasuk keuntungan dari investasi SBN, kecuali..

A. Dijamin negara

B. Passive Income

C. Bebas Pajak

D. Jadi pahlawan negara

3. Ada berapa jenis SBN Ritel dan sebutkan jenisnya

A. Ada 3 yaitu Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Tabungan dan Sukuk Ritel

B. Ada 4 yaitu Savings Bond Ritel (SBR), Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Tabungan (ST) dan Sukuk Ritel (SR)

C. Ada 2 yaitu Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Ritel (SR)

D. Ada 3 yaitu Savings Bond Ritel (SBR), Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Sukuk Tabungan (ST)

Penasaran sama quiz selengkapnya? Yuk, langsung klik link di bawah ini untuk jawab 10 pertanyaannya supaya kamu tahu seberapa paham kamu dengan SBN!

Nah, buat yang ikut berpartisipasi isi quiz pengetahuan tentang SBN ini, kamu berkesempatan untuk mendapatkan voucher Reksa Dana dari Bibit senilai Rp50 ribu yang akan dibagikan untuk 20 orang pemenang. Ini syarat dan ketentuan untuk dapetin vouchernya!

  • Jawab 10 pertanyaan yang ada pada Quiz SBN

  • Setelah isi quiz, share score yang kamu dapat di IG Story, jangan lupa tag @bibit.id dan tulis kesan serta harapan kamu untuk Bibit Weekly

  • Pastikan akun Instagram kamu tidak terkunci/tidak digembok

  • Pemenang akan diumumkan melalui IG Story @bibit.id pada Jumat, 30 September 2022 dan selanjutnya akan dihubungi langsung melalui DM Instagram oleh admin @bibit.id

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk isi quiz-nya sekarang, ditunggu sampai Kamis, 29 September 2022 ya!😊


Bedah ORI022: Investasi yang Dijamin Negara dengan Imbal Hasil Stabil

Apa yang akan dibahas?

- Pengalaman berinvestasi di SBN

- Pengenalan lebih dalam mengenai SBN

- Kenapa ORI022 bisa menjadi pilihan untuk investasi yang stabil?

- Perhitungan kupon (imbal hasil) ORI022


Kabar Indonesia

  • Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 50 basis poin (bps) menjadi 4,25%. Keputusan kenaikan suku bunga tersebut diambil sebagai langkah untuk menurunkan ekspektasi inflasi dan memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah agar sejalan dengan nilai fundamentalnya. 

  • Sebagian ekonom Indonesia menyatakan fundamental ekonomi RI kuat sehingga jauh dari jurang resesi pada 2023. Pernyataan ini dibuat berdasarkan pergerakkan ekonomi Indonesia yang menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap bertumbuh di atas 5% pada kuartal I dan kuartal II 2022, serta tingkat inflasi dalam negeri yang masih terkendali. 

  • Pemerintah umumkan kupon ORI022 sebesar 5,95% per tahun dengan skema kupon tetap (fixed rate). Masa penawaran ORI022 akan segera dimulai pada 26 September - 20 Oktober 2022.

Poin Penting

Sebentar lagi pemerintah kembali menerbitkan SBN seri ORI022 pada Senin, 26 September mendatang. ORI022 menawarkan kupon 5,95% per tahun dan menjadi SBN dengan kupon fixed rate terakhir yang akan terbit tahun ini. Nantikan informasi dan penjualan ORI022 di Bibit ya!

Successful investing is about managing risk, not avoiding it.
— Benjamin Graham