Bibit Weekly 26 Februari: Pelajari Semua Hal Tentang Dana Darurat di Sini!

Di 3 minggu sebelumnya, kita sudah membahas pengertian, cara menghitung, dan di mana sebaiknya kamu menyimpan dana darurat. Minggu ini, yuk kita coba rangkum lagi supaya nggak ada yang terlewat! 

Week 1: Pahami Pentingnya Dana Darurat ๐Ÿง

Dana darurat adalah dana yang disimpan untuk mengantisipasi ketika keadaan darurat terjadi. Kondisi darurat yang dimaksud misalnya: sakit/kecelakaan, tiba-tiba handphone rusak, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karena pandemi, hingga bencana alam. 

Dari kejadian darurat di atas, jelas dong kalau dana darurat ini wajib untuk kamu miliki. Alasannya, pertama supaya kamu nggak berutang kalau tiba-tiba butuh uang. Lalu kedua, agar kamu tidak terpaksa jual rugi investasi kamu padahal belum waktunya dicairkan karena alasan mendesak. Ketiga, supaya lebih tenang ketika menghadapi situasi darurat.

Week 2: Hitung Dana Darurat yang Kamu Butuhkan ๐Ÿงฎ

Sebelum menghitung dana darurat, hal yang kamu butuhkan adalah mengetahui profil risiko dan daftar pengeluaran bulanan kamu. Profil risiko yang dimaksud di sini adalah status kamu apakah kamu single, sudah menikah, atau sudah menikah dan memiliki anak. Sedangkan daftar pengeluaran bulanan adalah kebutuhan utama sehari-hari. 

Di bawah ini adalah tabel kebutuhan dana darurat:

*Bukan angka pasti, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing

Week 3: Instrumen untuk Menyimpan Dana Darurat ๐ŸŽบ

Pengertian dana darurat checkedโœ… cara menghitung dana darurat juga checkedโœ…  selanjutnya kita belajar di mana sebaiknya menyimpan dana darurat ini. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan adalah pilih instrumen yang aman, mudah dicairkan (likuid), dan mudah diakses dalam kondisi darurat. 

Adapun instrumen yang memenuhi kriteria tersebut antara lain tabungan di bank, deposito dan reksa dana pasar uang (RDPU). Kenapa RDPU bisa jadi pilihan? Karena instrumen investasi ini memiliki risiko rendah, cenderung stabil meningkat, dan memiliki likuiditas tinggi.

Catatan tambahan nih, kamu juga bisa menyimpan dana darurat yang kamu punya nggak hanya di salah satu instrumen tersebut. Kamu bisa membaginya, misalnya sebanyak 50% di deposito dan 50% sisanya di RDPU. Buat kamu yang masih on going progress ngumpulin dana darurat, kamu bahkan bisa memulai di RDPU dengan Rp 10 ribu saja, lho!

Kesimpulan

Dana darurat merupakan fondasi keuangan yang sangat penting! Tapi, sayangnya masih banyak orang mengabaikannya.๐Ÿ˜ฅ Padahal dengan adanya dana darurat, bisa meminimalisir berbagai risiko yang mungkin terjadi dalam hidup kamu dan membuat kamu lebih siap untuk menghadapinya.๐Ÿ’ช

Kalau kamu masih bingung, mau belajar lebih mendalam, dan tanya-tanya seputar dana darurat, ikutan Bibit Academy: Ngobrolin Dana Darurat Bareng Financial Mentor Bibit! Jangan sampai ketinggalan ya! ๐Ÿ˜†


Kabar Indonesia

  • Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan operasi militer ke ibu kota Ukraina, Kiev pada Kamis (24/2) dini hari. Aksi ini memicu kenaikan harga minyak dunia ke US$100 per barrel. 

  • Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi optimistis ongkos logistik Indonesia bisa turun menjadi 16% dari Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2024 mendatang. Ia yakin hal ini bisa terwujud seiring dengan pembangunan infrastruktur yang masif di era pemerintahan Presiden Joko Widodo.

  • Pemerintah baru saja menerbitkan Surat Berharga Syariah Negara (SBNS) Sukuk Ritel seri SR016 kemarin, Jumat (25/2). SR016 memiliki kupon fixed sebesar 4,95% dengan masa jatuh tempo selama 3 tahun.

Poin Penting

Operasi militer Rusia ke Ukraina membuat kondisi pasar global menjadi tidak pasti. Sebagian pasar saham di beberapa negara pun anjlok terimbas kondisi global. Tapi, di saat yang bersamaan, pemerintah baru saja menerbitkan SBSN SR016 yang bisa menjadi alternatif kamu untuk menabung dengan aman tanpa terpengaruh kondisi global. Pasalnya, SR016 dijamin 100% oleh Negara dan memiliki imbal hasil 4,95% per tahun. Mulai nabung SR016 di Bibit sekarang! ๐Ÿ˜‰


SR016 Bisa Dibeli di Bibit Sekarang!

SR016 merupakan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel dengan menawarkan imbal hasil sebesar 4,95% per tahun!

SR016 merupakan instrumen investasi syariah yang ditawarkan oleh pemerintah kepada masyarakat, sebagai instrumen investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan. SR016 #InvestasiRakyatPenuhManfaat

Kamu gak perlu khawatir mengenai jaminan keamanan SR016, karena semuanya tertuang dalam Undang-undang Nomor 24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara, termasuk dalam pembayaran pokok dan kuponnya 100% dijamin oleh negara.

โ€œInvest for the long haul. Donโ€™t get too greedy and donโ€™t get too scaredโ€
— Shelby M.C. Davis