Cara Cerdas Nabung Beli Gadget Baru di Bulan Puasa

Ramadan menjadi momen yang tepat untuk kita memperbaiki diri. Salah satunya bisa dilakukan dengan menabung untuk mengurangi kebiasaan boros. Apalagi bulan puasa membuka kesempatan kita untuk berhemat. Siapa tahu dengan mencoba mulai nabung di bulan puasa ini, barang incaran kamu bisa makin cepat dimiliki!

Misalnya kamu sudah punya incaran beli gadget baru seperti laptop atau smartphone baru. Bahkan kamu juga sudah cari tahu spesifikasinya dan tentunya harga dari gadget yang ingin kamu beli. Nah, sekarang tinggal atur strategi buat nabung beli gadget di bulan yang penuh berkah ini. Yuk simak tipsnya!

Tambah Porsi Nabung Rutin di Bulan Puasa

Supaya keinginan beli gadget baru bisa makin cepat tercapai, kamu bisa menambah porsi nabung di bulan puasa ini. Misalnya, kamu menyisihkan uang dari hasil THR (Tunjangan Hari Raya) atau uang jajan harian yang biasanya buat beli kopi di jam makan siang. 

Tapi nabungnya jangan berhenti setelah bulan puasa selesai, ya! Tetap lanjutin nabung rutin secara konsisten sampai target dananya tercapai. Biar ada gambaran, yuk coba kita hitung dengan contoh berikut ini. 

Target dana yang ingin dikumpulkan untuk beli laptop = Rp 6 juta

Nabung per bulan = Rp 500 ribu 

Waktu untuk mencapai target = Rp 6 juta ÷ Rp 500 ribu = 12 bulan

Dari perhitungan di atas, kamu bisa lebih cepat mencapai target dengan dana yang sudah dialokasikan selama Ramadhan. Yang tadinya durasi menabung 12 bulan atau 1 tahun menjadi 9 bulan saja. Tentunya beli gadget baru ini bisa segera tercapai jika kamu terus konsisten melakukan nabung rutin! 

Dahulukan Kebutuhanmu

Pastikan kembali kalau beli gadget memang benar-benar sesuatu yang kamu butuhkan. Misalnya, kamu ingin beli laptop baru karena dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan freelance. Jadi gadget ini memang sesuatu yang kamu perlukan. Jangan karena merasa FOMO (Fear of Missing Out), kamu jadi ingin beli gadget baru. Padahal gadget yang ada sekarang masih berfungsi baik dan kamu punya kebutuhan yang lebih penting untuk dicapai.

Jangan Lupa Buat Daftar Pengeluaran 

Buatlah daftar pengeluaran selama bulan puasa. Memang kelihatannya bulan puasa memberikan peluang untuk kita berhemat dari uang makan. Tapi tanpa disadari, banyaknya ajakan untuk buka puasa bersama (bukber), jajanan takjil, hingga godaan diskon menjelang Lebaran justru bisa membuat pengeluaran kamu jadi lebih besar.

Itulah sebabnya, penting untuk kita mengelola keuangan dengan benar. Kamu bisa membuat daftar pengeluaran secara rinci selama bulan puasa. Contohnya sebagai berikut:

Baca juga : Beli Mobil Baru dengan Reksa Dana, Intip Caranya!

Tentunya jenis pengeluaran selama Ramadan dan nominal dalam tabel di atas bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang tersedia. Adanya daftar pengeluaran seperti ini akan membantumu menjadi lebih teratur dan terarah saat mengelola keuangan. Selain itu, kamu jadi memiliki gambaran seberapa besar pengeluaranmu selama bulan Ramadan ini. Sehingga kamu bisa menyisihkan uang untuk nabung beli gadget baru sejak awal. 

Sabar dan Disiplin dalam Menabung 

Terakhir, kunci wujudkan mimpimu ada di disiplin dan terus sabar dalam menabung. Sebab menabung juga perlu komitmen loh, tentu nggak instan. Biar kamu makin disiplin nabung, kamu bisa coba fitur Nabung Rutin dengan pembayaran Autodebit di aplikasi Bibit! Dengan fitur ini, kamu bisa mengatur jumlah nominal nabung rutin sesuai dengan budget dan juga jadwalnya. Nabung rutin pun jadi mudah banget dan kamu nggak bakal skip lagi buat investasi. Yuk, langsung nabung sekarang! #SyabarNabungdiBibit

Writer: Catharina Kania A.

Editor: Merissa Maulia